Warga Petobo baca tahlil usai shalat ied

id petobo

Warga Petobo baca tahlil usai shalat ied

Warga dI Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, berkumpul di masjid dan membaca tahlil usai melaksanakan shalat Idul Fitri, Jumat. (Foto Antara/Muhammad Hajiji)

Palu, (Antaranews Sulteng) - Sebagian warga dI Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, berkumpul di masjid dan membaca tahlil usai melaksanakan shalat Idul Fitri, Jumat.

Hal itu merupakan salah satu tradisi keagamaan yang dilaksanakan oleh Suku Kaili Ledo di kelurahan tersebut setiap tahun.

"Tradisi ini baik, tidak bertentangan dengan ajaran Islam dan perlu dipertahankan," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Palu, Prof Dr H Zainal Abidin MAg.

Apa yang dibaca di dalam tahlil merupakan ayat-ayat suci Alquran dan zikir kepada Allah.

Tahlil, bagi Suku Kaili di Kelurahan Petobo dimaksudkan untuk mengirim doa kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa.
Ibu-ibu dengan mengikuti tahlilan yang diadakan sesuai shalata Ied (Foto Antara/Muhammad Hajiji)
Mereka juga memanjatkan doa keselamatan yang dipimpin langsung oleh imam masjid dan seluruh pegawai syara, seperti yang terlihat di Masjid Nurul Iman Kelurahan Petobo.

Di masjid ini, masyarakat dari setiap kepala rumah tangga mengantar talang besar, yang oleh Suku Kaili Ledo di Kelurahan Petobo di sebut `baki`. Di atas talang tersebut telah tersedia berbagai jenis makanan.

Namun, sebelum mencicipi atau memakan makanan yang tersedia itu, sebelumnya diawali dengan pembacaan tahlil dan doa selamatan.

Usai membaca tahlil, masyarakat saling maaf memaafkan antarsatu sama lain.