Parigi Moutong optimistis partisipasi pemilih meningkat pada Pemilu 2019

id Kpu, partisipasi pemilih, pemilu, parigi moutong

Parigi Moutong optimistis partisipasi pemilih meningkat pada Pemilu 2019

Ketua KPU Parigi Moutong, Abdul Chair

Parigi (Antaranews Sulteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Parigi Mouting, Sulawesi Tengah, optimis tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum serentak 2019 di kabupaten itu meningkat hingga 80 persen. 

Ketua KPU Parigi Moutong Abdul Chair, di Parigi, Selasa mengatakan pada Pilkada 2018 tingkat partisipasi pemilih mencapai 76 persen, sementara KPU pusat menarget tingkat partisipasi pemilih Pemilu 2019 sebesar 77 persen. 

"Artinya kita tinggal mengejar satu persen, akan tetapi kami upayakan tingkat partisipasi ini melampaui target, " ujarnya. 

Chair menjelaskan, peningkatan partisipasi pemilih perlu ditopang dengan kegiatan-kegiatan eksternal sesuai jadwal dan tahapan Pemilu dimana sosialisasi merupakan kegiatan yang paling mendasar sebagai penentuan keberhasilan penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut.

"Kami juga mengoptimalkan kinerja panitia pemilihan kecamatan (PPK) dalam menjalankan sosialisasi termasuk relawan demokrasi yang baru dibentuk dan pemangku kepentingan lainnya" tambahnya. 

Ia menyebut, Pemilu serentak kali ini sedikit lebih rumit, karena harus memilih lima sekaligus mulai pemilihan Preaiden-Wakil Presiden, DPR-RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/Kota dan DPD.

Selain itu, pendidikan politik juga perlu dimatangkan dalam pelaksanaan setiap tahapan Pemilu, guna meminimalisir terjadinya ketidakikutsertaan pemilih dalam menyalurkan hak pilihnya atau kata lain masuk sebagai golongan putih (Golput) yang justru mempengaruhi capaian target partisipasi pemilih. 

"Kami menggenjot sosialisasi kepada pemilih pemula, perempuan dan pemilih disabilitas karena tiga segmen ini cukup rentan," ucapnya. 

Hal lain yang penting dalam proses tahapan Pemilu yakni sosialisasi mengenai surat suara.

"Surat suara merupakan hal krusial, kami sudah mengagendakan simulasi pemungutan suara melibatkan semua PPK. Kami masih menunggu PKPU sistem penghitungan, " tuturnya. 

Dari hasil pleno, KPU menetapkan DPTHP-2 Kabupaten Parigi Moutong sebanyak 303.941 pemilih terdiri dari 155.379 orang pemilih laki-laki dan 148.562 orang pemilih perempuan.

Jumlah TPS yang sudah ditetapkan sebanyak 1.339 TPS yang tersebar di 23 kecamatan. Sebanyak 27 TPS berada di lokasi sulit dijangkau dan 88 TPS di lokasi terpencil. 

Baca juga: KPU: TPS terpencil Parigi Moutong diupayakan bisa diakses transportasi
Baca juga: KPU Parigi Moutong tidak berlakukan TPS khusus pemilih disabilitas dan grahita