Huntap korban gempa-tsunami dan likuefaksi Palu di bangun Maret

id huntap

Huntap korban gempa-tsunami dan likuefaksi Palu di bangun Maret

Contoh bangunan hunian tetap bagi korban gempa, tsunami dan likuefaksi di Kota Palu. Pembangunan Huntap dilaksanakan oleh Yayasan Budha Tzu Chi di Kelurahan Tondo. (Antaranews Sulteng/Muhammad Hajiji)

Palu (Antarnews Sulteng) - Hunian tetap bagi korban gempa, tsunami dan likuefaksi di Kota Palu, direncanakan dibangun mulai bulan Maret 2019.

"Kesepakatan awal dengan Yayasan Budha Tzu Chi, muda-mudahan tidak ada hambatan, halangan, kalau semuanya berjalan beres, maka peletakkan batu pertama pembangunan hunian tetap pada tanggal 4 Maret," ucap Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo kepada wartawan usai meninjau bangunan contoh hunian tetap dan lokasi lahan pembangunan hunian tetap di Kelurahan Tondo Kota Palu, Senin.

Penanggung Jawab Proyek Huntap dari Yayasan Budha Tzu Chi, Lie Sarpin mengemukakan, lahan yang digunakan untuk membangun huntap saat ini kurang lebih 40 hektare. Setiap unit akan di bangun di atas lahan seluas 150 meter persegi dengan luas bangunan 36 meter persen atau tipe 36.

"Dengan tanah yang dikasih dari pemerintah untuk kita bangun, perrumah itu kira-kira 150 meter persegi dan bangunannya 36 meter persegi," urai Lie.

Tahap pertama pembangunan huntap sebanyak 1.000 unit. Setiap unit huntap anggarannya kurang lebih Rp 50 juta.
Dalam proses pembangunan huntap tersebut di Kelurahan Tondo, pihaknya menggunakan tenaga kerja lokal.

"Ratusan orang tenaga kerja lokal akan kami pakai untuk membangun huntap ini, sebagiannya dari Jakarta," ujar dia.

Ia juga mengemukakan bahwa saat ini material bangunan dalam proses pengadaan dan akan dikirim dari Jakarta ke Palu.

Terkait anggaran pembangunan huntap yang mencapai Rp50 juta, Doni Monardo menyebut bahwa anggaran tersebut sama seperti besaran dana stimulan yang diberikan kepada setiap kepala keluarga korban bencana gempa, tsunami dan likuefaksi di Kota Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong.