Pemprov Sulteng akan pindahkan jalan Palu-Kulawi ke jalur awal

id Bencana Sigi,Jalan putus,Bina marga,Pemprov Sulteng,jalan Palu-Kulawi,jalan Palu-Kulawi jalur awal

Kepala Dinas Bina Marga Sulawesi Tengah Ir Syaifullah Djafar bersama Tim Lapangan Bina Marga meninjau kondisi jalan terputus di perbatasan Kecamatan Gumbasa dan Kecamatan Kulawi, di Desa Tuva.(Antaranews/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berencana untuk memindahkan jalan Palu menuju Kulawi khususnya mulai dari Desa Omu hingga Tuva Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi dan Desa Tuva ke Salua Kecamata Kulawi dari jalur awal yang sering rusak karena terdampak banjir.

"Mulai besok kami akan membuat perencanaan jalan dari Omu ke Tuva dan Tuva menuju Salua," ucap Kepala Dinas Bina Marga fan Penataan Ruang Ir Syaifullah Djafar, Sabtu.

Hari ini, Dinas  Bina Marga membangun jalan darurat untuk memulihkan secara akses menuju Kulawi dari Palu, dan dari Palu ke Kulawi.

Kata Syaifullah Djafar, perencanaan jalan dari Omu sampai Desa Salua kurang lebih sepanjang 7 kilo meter akan di rencanakan ulang untuk lebih memulihkan akses dalam masa yang lama.

Perencanaan itu, sebut dia, akan di koordinasikan dengan pihak Balai Wilayah Sungai Sulawesi III di Palu.

Penyebab utama atau faktor yang membuat rusaknya jalan atau terputusnya jalan di karenakan menurunkan kualitas daerah aluran sungai.

Akibatnya, air sungai mengalir tidak di jalurnya, sehingga menyapu bersih termasuk badan jalan, seperti Jalan Poros Palu-Kulawi yang terputus kurang lebih sepanjang 300 meter di perbatasan Kecamatan Gumbasa dan Kulawi.

Peremerintah lewat Dinas Bina Marga, merasa sia-sia membangun jalan, bila daerah aliran sungai dan alur sungai tidak di perbaiki oleh Balai Wilayah Sungai.

"Perencanaan ini akan kita koordinasikan dengan pihak BWS, sebab bagaimana pun bagusnya jalan yang kita bangun nanti tidak akan efektif, kalau tidak ada perencanaan penataan sungai," sebut Syaifullah.

dia menambahkan, untuk Desa Salua menuju Sadaunta dan seterusnya tidak dilakukan penanganan atau perencanaan ulang, sebab hanya tertimpa longsor akibat gempa dan telah ditangani oleh Bina Marga Provinsi Sulteng.
Kondisi jalan yang sempat terputus di Poros Palu-Kulawi, di Desa Omu Kecamatan Gumbasa. (Antaranews/Muhammad Hajiji)
     
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar