BNPT - Pemkot Palu bangun sinergitas terkait penanggulangan terorisme

id BNPT,Pemkot Palu,Palu,Terorisme

BNPT - Pemkot Palu bangun sinergitas terkait penanggulangan terorisme

Wali Kota Palu Hidayat (kanan kemeja putih) didampingi Sestama BNPT Asep Adang Supriyadi (kiri) memberikan keterangan pers usai menggelar dialog dengan BNPT di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu, Rabu (19/6). (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

Berbagai upaya telah kita lakukan seperti membentuk Satgas (Satuan Tugas) K5 ( Kebersihan, Keindahan, Keamanan, Ketertiban dan Kenyamanan) dan alhamdulillah berhasil. Tidak ada lagi yang namanya perkelahian antar kampung
Palu (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) membangun sinergitas dengan Pemerintah Kota Palu terkait upaya penanggulangan terorisme di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu.

Wali Kota Palu Hidayat dalam dialog yang dihadiri Sekretaris Utama (Sestama) BNPT Asep Adang Supriyadi menjelaskan sejumlah upaya yang ditelaah dan tengah dilakukan Pemkot Palu untuk menanggulangi tumbuh dan berkembangnya bibit-bibit terorisme di Palu.

"Waktu tahun 2011,2012 dan 2013, kalau di sini kami namakan PAD, PAD itu perkelahian antar desa sangat tinggi. Rumah dibakar, perang antar kampung (kelurahan) menggunakan dumdum dan senjata rakitan itu sangat tinggi,"katanya dalam dialog yang berlangsung di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu, Rabu (19/6).

Ditambah lagi jarak Kota Palu dari Kabupaten Poso yang tidak begitu jauh semakin menambah kekhawatiran akan tumbuh dan berkembangnya bibit-bibit terorisme. Namun sejak 2016, lanjutnya, gejolak-gejolak yang terjadi di tingkat masyarakat kini sudah tidak ada.

"Berbagai upaya telah kita lakukan seperti membentuk Satgas (Satuan Tugas) K5 ( Kebersihan, Keindahan, Keamanan, Ketertiban dan Kenyamanan) dan alhamdulillah berhasil. Tidak ada lagi yang namanya perkelahian antar kampung," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, upaya lain yang dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Palu dengan membentuk lembaga adat untuk menciptakan dan menghidupkan kembali kearifan lokal dan mewujudkan kota Palu yang berbudaya yang dilandasi iman dan takwa.

Baca juga: Pakar: rilis BNPT diikuti peningkatan program deradikalisasi

Hanya saja , dia berharap BNPT dapat memberikan bantuan untuk korban bencana di Kota Palu yang kini masih tinggal di hunian sementara (huntara) dan hunian tetap (huntap).

Sementara itu Sestama BNPT Asep Adang Supriyadi mengatakan jika saat ini pihaknya sebatas menerima masukan dan saran dari pemerintah daerah, baik yang berkaitan dengan penanggulangan terorisme maupun kebencanaan.

"Kami membangun sinergitas penuh dengan koordinasi dan diskusi. Semoga bisa terealisasi. Penting membangun sinergitas antar lembaga," ujarnya.

Nanti, lanjutnya, akan memilih dan memilah item-item apa saja yang perlu dibantu oleh BNPT dan mana-mana saja yang perlu dibantu oleh lembaga atau kementerian lain melalui BNPT setelah bersilaturahmi dengan pemerintah daerah.

"Lalu kita akan sampaikan apa-apa saja rencana aksi kementerian dan lembaga yang terkait. Mudah-mudahan dapat direalisasikan," ucapnya.

Baca juga: BNPT Lakukan Program Deradikalisasi Di Sulteng