Pemkab Sigi nyatakan belum ada warganya positif corona

id Pemkab Sigi,Corona,COVID-19,Rika Sakaruddin

Pemkab Sigi nyatakan belum ada warganya positif corona

Juru Bicara Pemkab Sigi Dalam Penanganan dan Pencegahan COVID-19, dr Rika F Sakaruddin. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Dan pasien ini akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk oleh otoritas Pemprov Sulteng
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyatakan belum ada warga di daerah itu yang terkonfirmasi positif terpapar virus COVID-19 atau corona, kecuali enam warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan dua warga berstatus Pasien Dalam Penanganan (PDP).

"Hingga 22 Maret 2020 belum ada warga Sigi yang terkonfirmasi positif," kata Rika F Sakaruddin, juru bicara Pemkab Sigi dalam penanganan dan pencegahan COVID-19, di Sigi, Minggu.

Meski belum ada, kata dia, Pemkab Sigi tetap memaksimalkan langkah pencegahan, mulai dari sosialisasi pola hidup bersih, hingga sosialisasi virus tersebut.

Sosialisasi itu, dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat di Sigi, sekaligus membentuk ketangguhan untuk terhindar dari virus COVID-19.

"Pemkab terus berupaya melakukan upaya pencegahan, dengan gencar melakukan sosialisasi cara hidup bersih dan sehat yang pelaksanaannya melibatkan puskesmas," ujarnya.

Ia mengemukakan semua jajaran Pemkab Sigi hingga tingkat kecamatan, seperti puskesmas sigap dan tanggap, serta gencar melaksanakan pencegahan COVID-19.

 Karena itu, Pemkab Sigi, kata dia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik menyikapi informasi terkait COVID-19.

 Terkait dengan penanganan, urai dia, saat ini Pemkab Sigi sedang menangani enam warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan dua warga berstatus Pasien Dalam Penanganan (PDP).

 Warga yang berstatus PDP, belum dinyatakan positif, sebab masih akan melewati proses pemeriksaan lanjutan. Hanya saja, otoritas Pemkab Sigi mengakui dua warga itu kemungkinan memiliki gejala yang hampir sama dengan COVID-19.

 "Dan pasien ini akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk oleh otoritas Pemprov Sulteng," ungkap Rika.

Pemkab Sigi meminta masyarakat untuk tetap tenang, tidak panik, dan mengajak masyarakat untuk membiasakan hidup bersih dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga, salah satunya membiasakan cuci tangan.
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar