KPU : Daftar pemilih Pilkada Kota Palu siap dicoklit

id KPU,KPU Palu,Palu,Sandi

KPU : Daftar pemilih Pilkada Kota Palu siap dicoklit

Ilustrasi, Pilkada Serentak (ANTARA News/Ridwan Triatmodjo/)

Datanya kami unduh kemarin, kemudian hari ini (Selasa) kami cetak untuk diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) karena PPK yang akan meneruskan kepada PPDP untuk dilakukan coklit

Palu (ANTARA) - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu Idrus mengatakan seluruh data daftar pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Palu 2020 telah masuk dalam aplikasi Sistim Daftar Pemilih (Sidalih).

"Sampai Senin (6/7), operator telah memasukkan 100 persen data model A.KWK (formulir daftar data pemilih) ke dalam Sidalih. Selanjutnya akan dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit)," katanya di Palu, Selasa.

Dia mengatakan data tersebut akan di-coklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), apakah sesuai atau tidak.

Idrus menjelaskan data daftar pemilih Kota Palu dalam model A.KWK berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kota Palu dalam Pilkada serentak tahun 2020 yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri sebanyak 260.369 jiwa.

"Sebelum DP4 itu masuk dalam model A.KWK, kami bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) melakukan sinkronisasi dengan data pemilih Kota Palu pada Pemilu 2019," ujarnya.

Setelah PPDP melakukan coklit, kata Idrus, KPU Palu kemudian menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan melakukan sejumlah perbaikan.

"Datanya kami unduh kemarin, kemudian hari ini (Selasa) kami cetak untuk diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) karena PPK yang akan meneruskan kepada PPDP untuk dilakukan coklit," tambahnya.

Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar