Tren Internal Cloud Semakin Berkembang Di Indonesia

id cloud, layanan

Tren Internal Cloud Semakin Berkembang Di Indonesia

Ilustrasi-Layanan Cloud (ANTARANEWS/Ardika)

Sebagian besar orang hanya mengetahui satu sisi dari cloud, yaitu eksternal cloud, tetapi di Indonesia justru yang semakin berkembang adalah internal cloud...
Jakarta (antarasulteng.com) - Tren basis penyimpanan data cloud yang kini semakin berkembang di Indonesia adalah internal cloud, kata Senior Director and General Manager Oracle, Amit Suxena.

"Sebagian besar orang hanya mengetahui satu sisi dari cloud, yaitu eksternal cloud, tetapi di Indonesia justru yang semakin berkembang adalah internal cloud," katanya di Jakarta, Selasa.

Internal cloud merupakan cloud yang diciptakan di dalam internal perusahaan untuk berbagi layanan dan data internal secara efektif. 

"Tujuannya adalah agar departemen yang berbeda-beda di dalam satu perusahaan dapat mengakses suatu data dan berbagi layanan perusahaan secara efektif," kata dia.

Menurut Amit, banyak perusahaan besar mulai beralih ke internal cloud karena mereka lebih fokus ke dalam masalah keamanan data dan menghemat anggaran IT.

Dalam bidang teknologi ini, Oracle menawarkan sejumlah solusi yang tidak hanya hardware untuk mengumpulkan data, tetapi juga bagaimana mencarinya, mengelolanya dan menghubungkannya dengan data terstruktur maupun data-data konsumen yang sudah dimiliki suatu perusahaan.

Selain cloud, tren IT lain yang saat ini berkembang di Indonesia adalah big data.

"Big data merupakan istilah untuk begitu banyaknya data yang tersedia tetapi tidak dalam format terstruktur. Seluruh data yang harus dikumpulkan dan disimpan ke dalam suatu tempat ini adalah yang dimaksud dengan big data," katanya.

Ia berpendapat, kedua teknologi ini bisa melebur menjadi satu karena keduanya dibutuhkan perusahaan, yang pada intinya perusahaan ingin meningkatkan pendapatan dengan biaya yang lebih efisien.(skd)