OJK-Pemkot Palu koordinasikan percepatan program PEN UMKM

id Sulteng,Sandi,Palu,OJK,OJK Sulteng

OJK-Pemkot Palu  koordinasikan percepatan program PEN UMKM

Kepala OJK Sulteng Gamal Abdul Kahar (ke dua dari kiri) berdialog dengan Wali Kota Palu Hadianto Rasyid (ke tiga dari kiri) dan Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido (kanan) mengenai percepatan program PEN bagi UMKM, di Kantor Wali Kota Palu, Selasa (6/4). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu.

Palu (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Palu dalam upaya mendorong percepatan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palu.

Dukungan yang diberikan OJK kepada Pemkot Palu melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) guna mempercepat program PEN bagi UMKM di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) tersebut.

"TPAKD merupakan forum koordinasi antarinstansi dan stakeholder terkait untuk meningkatkan percepatan akses keuangan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan mewujudkan masyarakat yang sejahtera," kata Kepala OJK Sulteng Gamal Abdul Kahar saat berdialog dengan Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dan Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido di Kantor Wali Kota Palu, Selasa.

Gamal menyatakan keberadaan TPAKD Kota Palu ini sangat penting sebagai akselerator penguatan ekosistem perekonomian daerah melalui peningkatan akses keuangan masyarakat khususnya pelaku UMKM. 

Tahun 2021, kata dia, akan diimplementasikan program tematik yaitu program kredit atau pembiayaan melawan rentenir (K/PMR) dan pelaksanaan program "business matching".

Ia menjelaskan K/PMR adalah program penyaluran kredit atau pembiayaan dengan proses yang lebih cepat, mudah, dan berbiaya rendah.

K/PMR diberikan oleh Lembaga Jasa Keuangan (LJK) formal kepada pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) untuk mengurangi ketergantungan atau pengaruh terhadap entitas pemberi kredit yang tidak terdaftar di OJK.

Sedangkan program Business Matching bertujuan mempertemukan UMK dengan LJK untuk memperoleh produk dan layanan keuangan yang dibutuhkan dalam upaya pengembangan usaha.

Gamal menambahkan selain program tematik, juga ada program lain yang diimplementasikan oleh TPAKD yaitu optimalisasi produk dan layanan keuangan antara lain Bank Wakaf Mikro.

"Kami berharap ke depan Kota Palu dapat terwujud Bank Wakaf Mikro yang dapat memberdayakan masyarakat di lingkungan pesantren," ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Palu Hadianto Rasyid sangat mendukung langkah OJK untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi khususnya bagi UMKM di Palu.

"Tentunya dalam menjalankan roda pemerintahan di Kota palu, sangat terbuka untuk kerja sama yang sinergitas antara Pemkot Palu dengan OJK Sulteng," ujarnya.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar