FKUB Sulteng libatkan pemuda lintas agama gelar aksi sosial

id FKUB,FKUB Sulteng,Prof Zainal Abidin,Muhtadin Mustafa,Ramadhan ,pemuda lintas agama

FKUB Sulteng  libatkan pemuda lintas agama gelar aksi sosial

Pemuda lintas agama bersama FKUB Provinsi Sulteng membagikan makanan dalam kemasan (nasi kotak/nasi dos), kepada masyarakat Palu dan sekitarnya, berlangsung di Palu, Minggu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melibatkan pemuda lintas agama saat menggelar aksi sosial dalam bentuk penyaluran makanan untuk warga di Kota Palu dan sekitarnya.

"Antusias yang tinggi dari pemuda lintas agama menunjukkan bahwa ada satu komitmen dan kebersamaan antarpemuda lintas agama untuk membantu masyarakat," ucap Ketua FKUB Provinsi Sulteng Prof KH Zainal Abidin MAg, di Palu, Minggu.

FKUB Provinsi Sulteng bersama pemuda lintas agama yang terdiri Bala Keselamatan (BK) Pemuda Khatolik, Hindu dan Budha, serta pemuda dari Agama Islam, membagikan 500 nasi nasi kotak kepada masyarakat, menjelang berbuka puasa pada bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

Pembagian 500 kotak makanan itu berlangsung di simpang empat Jalan Soedirman dan Jalan Mohammad Hatta, Kota Palu, diawali oleh Ketua FKUB Sulteng Zainal Abidin.

Zainal Abidin mengemukakan bakti sosial dalam bentuk memberikan makanan kepada warga menjelang berbuka puasa itu sebagai bentuk kepedulian sosial FKUB Sulteng dan pemuda lintas agama yang menjadi mitra FKUB.

Zainal yang juga Rektor Pertama IAIN Palu itu mengemukakan partisipasi pemuda lintas agama dari berbagai agama dalam aksi sosial menunjukkan adanya persatuan dan kebersamaan dari pemuda lintas agama.

"Ini yang kita harapkan, bahwa pemuda lintas agama menjadi penggerak dalam membantu masyarakat dan memotivasi masyarakat untuk keluar dari masalah-masalah sosial dan keagamaan yang dihadapi," ucapnya.

Ia berharap kebersamaan dan persatuan pemuda lintas agama itu terus dipelihara dan ditingkatkan, sehingga peran pemuda lintas agama lebih besar dalam mewujudkan dan meningkatkan kualitas situasi kamtibmas.

"Karena pemuda lintas agama adalah ujung tombak mewujudkan perdamaian dan meningkatkan kualitas situasi kamtibmas," ujar Zainal.

Berkaitan dengan itu Sekretaris FKUB Provinsi Sulteng Dr Muhtadin Mustafa mengemukakan bahwa FKUB berterima kasih kepada Polda Sulteng dan jajarannya yang telah memberikan izin dilaksanakannya aksi sosial itu.

"Kegiatan harus berakhir pukul 17.00 Wita, dan alhamdulillah di lapangan kegiatan berakhir sebelum 17.00 Wita," ucapnya.

FKUB, kata Muhtadin juga berterima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu, sehingga kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik.
Pemuda lintas agama bersama FKUB Provinsi Sulteng foto bersama usai membagikan makanan dalam kemasan (nasi kotak/nasi dos), kepada masyarakat Palu dan sekitarnya, berlangsung di Palu, Minggu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)