PLN Siap Beli Listrik Biogas Palu

id pln

PLN Siap Beli Listrik Biogas Palu

Ilustrasi--PLN (antaranews)

PLN bersedia membeli listrik biogas dari TPA Kawatuna setelah dicapai kesepakatan mengenai harga jual dan produksi listriknya juga maksimal.
Palu,  (antarasulteng.com) - PT. PLN menyatakan bersedia bekerja sama dengan pemerintah kota setempat untuk membeli daya listrik yang dihasilkan dari pembangkit biogas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kelurahan Kavatuna, Kecamatan Mantikulore.

Asisten Pembangkit PT. PLN Area Palu, Sigit Haryono mengemukakan di Palu, Minggu, PLN sebagai mitra pemerintah bersedia dalam pengembangan energi listrik, untuk kepentingan masyarakat dan pemerintah.

Ia menyatakan bahwa PLN bersedia membeli listrik biogas dari TPA Kawatuna setelah dicapai kesepakatan mengenai harga jual dan produksi listriknya juga maksimal.

Jika Pemerintah Kota Palu ingin menjual biogas beserta mesin pembangkitnya ke PLN Areal Palu, maka Pemkot Palu harus melengkapi semua kekurangan yang terdapat pada mesin tersebut.

Ia mengatakan, dalam proses penjualan akan ada perjanjian tingkat layanan (service level agreement-SLA) sehingga ada pihak yang nantinya dikuasankan oleh pemerintah untuk berdiplomasi dengan pihak PLN, yang akan berujung pada kesepakatan antara pihak Pemkot dan PT. PLN Areal Palu.

"Ketika menuju pada proses transaksi jual beli, akan ada pertimbangan pertimbangan yang harus dilengkapi oleh pihak yang bertanggung jawab terhadap pembangkit listrik tenaga biogas itu," ujarnya.

Dirinya mengakui bahwa PLN Areal Palu memiliki prospek untuk pengembangan energi terbarukan yaitu dengan pengembangan energi biogas yang menghasilkan listrik kurang lebih 500 MVA.

Bahkan, katanya, PT. PLN Palu bersama pihak Kementerian ESDM dan Pemkot Palu telah meninjau mesin biogas yang ada di TPA Kawatuna.

Sementara itu, Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Kota Palu Erwin Gansaring mengatakan Pemkot Palu akan terus mengupayakan realisasi bekerja sama dengan PLN Areal Palu dalam hal penyediaan energi listrik di Kota Palu.

Pemkot menyambut positif keinginan PLN Palu untuk berinvestasi dalam rangka pengembangan energi listrik terbarukan.

Hingga saat ini mesin pembangkit listrik biogas di Kavatuna belum berfungsi secara maksimal. Pemkot Palu masih harus menyiapkan beberapa hal, termasuk lahan untuk beroperasinya mesin biogas itu.

"Saat ini belum beroperasi. Masih ada beberapa hal tekhnis yang harus disediakan oleh Pemkot Palu," ujarnya.