Pertamina pastikan BBM di SPBU memadai pada momen Festival Danau Poso

id BBM, SPBU, Pertamina, FDP, Poso, Taufiq Kurniawan, solar, pertalite ,Tentena, Sulteng

Pertamina  pastikan BBM di SPBU memadai pada momen Festival Danau Poso

Arsip- Pemukulan gong oleh Sekretaris Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ratna Susanti sebagai tanda dimulainya kegiatan Festival Danau Poso (FDP) ke-21 di Tenteng Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Senin (26/8/2019). (ANTARA/Feri Timporosa)

Palu (ANTARA) -
PT Pertamina Patra Niaga memastikan ketahanan stok BBM di SPBU Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah dan sekitarnya memadai saat momen kegiatan pariwisata Festival Danau Poso (FDP) pada Oktober 2022.
 
"Upaya ini sebagai bentuk dukungan Pertamina terhadap penyelenggaraan festival tersebut, sehingga kami lakukan penguatan pasokan BBM khususnya jalur-jalur perlintasan yang sentral," kata Senior Supervisor Communication & Relation Pertamina Patra Niaga Region Sulawesi Taufiq Kurniawan yang dihubungi dari Palu, Kamis.
 
Ia menjelaskan, SPBU pada jalur-jalur sentral yang menjadi pintu masuk di kabupaten itu akan disiagakan sebelum dan sesudah pelaksanaan FDP dijadwalkan berlangsung pada 20-22 Oktober mendatang.
 
Hal ini dimaksudkan, guna mempermudah masyarakat mengakses BBM supaya perjalanan pengunjung tidak terhambat, karena tidak menutup kemungkinan ada pengunjung dari luar daerah, sebab Kabupaten Poso sebagai daerah perbatasan antar Sulteng dan Sulawesi Selatan.
 
"Kami memastikan kebutuhan BBM saat kegiatan itu terpenuhi, masyarakat tidak perlu khawatir karena stok sangat memadai," ujar Taufik.
Senior Supervisor Communication & Relation Pertamina Patra Niaga Region Sulawesi, Taufiq Kurniawan. ANTARA/Moh Ridwan
Menurut data Pertamina, stok BBM bersubsidi jenis Solar di Poso sekitar 912 kiloliter dengan rata-rata konsumsi 81 kiloliter pada Bulan September, sedangkan stok jenis Pertalite 2.044 kiloliter dengan rata-rata konsumsi 202 dibilang yang sama.
 
Oleh karena itu, Pertamina memprediksi ketahanan stok pada dua jenis BBM tersebut di Terminal BBM (TBBM) Poso sangat memadai di atas sembilan kali lipat lonjakan konsumsi.
 
"Selain memudahkan masyarakat memperoleh BBM, upaya kami lakukan juga sekaligus mengantisipasi lonjakan konsumsi. Kantong-kantong SPBU pada daerah perbatasan akan di siagakan. Selain berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) kami juga sudah berkoordinasi dengan Polda Sulteng," tutur Taufik.
 
FDP merupakan kegiatan promosi Pariwisata daerah guna menarik minat wisatawan datang berkunjung dengan tema yang diusung "Pesona Megah Sulawesi Tengah". Festival ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1989.