KPU Sigi mulai menyusun DPS Pemilu 2024

id KPU Sigi,Pemilu 2024,Pemilu,Data pemilih sigi,Dps

KPU Sigi mulai menyusun DPS Pemilu 2024

Ketua KPU Kabupaten Sigi Soleman (ANTARA/Dok KPU Sigi)

Palu, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mulai menyusun daftar pemilih sementara (DPS) sebagai salah satu persiapan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Pascatahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilakukan pantarlih, maka dilakukan proses pemutakhiran data hasil coklit oleh panitia pemungutan suara (PPS) untuk bahan penyusunan dokumen DPS," kata Ketua KPU Kabupaten Sigi Soleman saat dihubungi dari Palu, Senin.

Soleman menerangkan penyusunan dokumen DPS mengadopsi data hasil pencocokan dan penelitian yang telah dibahas PPS melalui pleno di tingkat desa.

Data hasil coklit yang telah diplenokan, kata dia, kemudian disampaikan kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk dibahas lebih lanjut dan diplenokan.

"Hasil itu kemudian akan disampaikan ke KPU tingkat kabupaten untuk dibahas lebih lanjut. Data warga Sigi yang sudah dilakukan coklit saat ini masih dilakukan proses sinkronisasi dan pendataan pemilih hasil coklit oleh PPS," paparnya.

Ia menerangkan jumlah pemilih Kabupaten Sigi yang dilakukan coklit sebanyak 190.990 pemilih terdiri atas laki - laki sebanyak 96.680 pemilih dan perempuan sebanyak 94.310 pemilih yang tersebar di 176 desa dan 15 kecamatan.
 

KPU Kabupaten Sigi meminta warga yang mempunyai hak pilih agar segera melapor ke KPU bila pantarlih belum menemui mereka dalam pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada Pemilu 2024.

KPU menyediakan akses daring kepada warga untuk mengecek data apakah telah masuk dalam daftar pemilih atau belum. Masyarakat dapat mengunjungi http://cekdptonline.kpu.go.id.

Ia menegaskan bahwa setiap masyarakat memiliki hak untuk menyalurkan suara/hak politik pada Pemilu 2024. Oleh karena itu, pihaknya berusaha menjamin hak warga tersebut agar tersalurkan dengan baik.