Atlet vovinam Indonesia Manik bangga bisa pertahankan prestasi emas beruntun di SEA Games

id Vovinam,Manik Trisna Dewi Wetan,sea games 2023,sea games kamboja

Atlet vovinam Indonesia Manik bangga bisa pertahankan prestasi emas beruntun di SEA Games

Atlet vovinam Manik Trisna Dewi Wetan berpose usai pemberian medali emas di cabang olahraga vovinam untuk nomor Dragon Tiger Form Putri di Chroy Changvar Convention Center Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (6/5/2023). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Phnom Penh (ANTARA) - Atlet vovinam Indonesia Manik Trisna Dewi Wetan mengaku bangga bisa mempertahankan prestasinya dengan kembali meraih medali emas di ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

 

Ia kembali mempersembahkan medali emas dari nomor Yin Yang Sword Form Putri atau mengulangi capaiannya pada SEA Games 2021 Vietnam yang digelar tahun lalu.

“Target untuk SEA Games kali ini memang ada di nomor senjata (sword/pedang), tapi kali ini (terasa) lumayan berat karena sekarang saya di sini untuk mempertahankan prestasi di SEA Games tahun lalu. Menurut saya, mempertahankan itu lebih berat daripada meraih,” ungkap Manik saat dijumpai di Chroy Changvar Convention Center Phnom Penh, Kamboja, Minggu.

Lebih lanjut, atlet vovinam asal Bali tersebut mengatakan tidak berpuas diri dan terus mencoba meningkatkan kemampuannya di berbagai nomor pertandingan.

Pada Sabtu (6/5), Manik juga meraih medali emas di cabang seni atau performance di nomor Dragon Tiger Form Putri.
 

“Kemarin untuk (nomor seni dengan) tangan kosong (penampilan vovinam tanpa senjata) SEA Games tahun lalu, saya dapat perunggu, dan tahun ini dapat emas atas restu Tuhan. Dan sekarang yang saya targetkan adalah mempertahankan kembali di nomor senjata,” ujar Manik.

Ia berharap, kerja kerasnya bisa berlanjut hingga dua hari ke depan untuk mengharumkan nama Indonesia di pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

“Saya akan main lagi pada 9 Mei di nomor berpasangan pedang dan tunggal pisau. (Apakah akan sapu bersih emas) Semoga ada restu dari Tuhan, saya akan menambah medali untuk Indonesia,” ujar dia.

Ia kemudian mengapresiasi dukungan dari masyarakat dan pemerintah Indonesia dan terus mengharap doa agar bisa tampil maksimal dan berprestasi.

“Terima kasih untuk kesempatan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk membela Tanah Air di negara lain, terima kasih juga untuk doa masyarakat. Semoga Indonesia bisa menambah medali-medali lagi dan tetap menjadi yang terbaik,” imbuhnya.

Pada Minggu (7/5) hingga pukul 12.15 WIB, Indonesia telah menambah dua emas, satu perak, dan lima perunggu. Emas didapatkan dari cabang olahraga balap sepeda nomor Estafet Cross Country Relay (XCR) Campuran, serta vovinam di nomor Yin Yang Sword Form Putri.