Hujan guyur sebagian besar Ibu Kota Provinsi pada Hari Natal

id Hujan,Hari Natal,BMKG,Suhu panas terik

Hujan guyur sebagian besar Ibu Kota Provinsi pada Hari Natal

Arsip Foto - Dua remaja menggunakan payung guna melindungi diri dari hujan di kawasan Senayan, Jakarta. (ANTARA/ANDIKA WAHYU)

Jakarta (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan mengguyur sebagian besar Ibu Kota Provinsi pada Hari Natal 2023, Senin.
 
Deputi bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, menyampaikan bahwa hujan intensitas lebat dan potensi suhu panas terik masih dapat terjadi di sebagian wilayah Indonesia selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
"Sirkulasi angin di Laut Cina Selatan masih menghambat aliran massa udara basah dari Asia ke wilayah Indonesia, sehingga potensi hujan lebat masih terkonsentrasi di wilayah Sumatera dan Kalimantan Barat," katanya.

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, wilayah Banda Aceh, Pangkal Pinang, dan Tanjung Pinang diprakirakan hujan petir pada siang hari ini, serta Jambi dan Samarinda pada malam hari nanti.
 
Sedangkan wilayah Bandung dan Banjarmasin diprediksi hujan sedang dengan kelembapan rata-rata 65-95.
 
Wilayah Denpasar, Serang, Jambi, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Mataram, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Makassar, dan Padang diprakirakan hujan ringan pada siang hari ini.
 
Sementara, wilayah Jakarta Pusat dan Samarinda diprediksi berawan tebal pada siang hari ini, sedangkan Gorontalo, Semarang, Ternate, Kota Jayapura, Kendari, dan Palembang akan diselimuti cuaca berawan.
 
BMKG memprediksi Wilayah Tarakan dan Manado cerah pada siang hari ini, di sisi lain juga cerah berawan pada wilayah Bengkulu, Yogyakarta, Bandar Lampung, Ambon, Kupang, dan Medan.
 
Guswanto menyebutkan adanya fase kering Madden Jullian Oscillation (MJO) di sebagian wilayah Indonesia, sehingga turut memicu kurangnya tutupan awan pada siang hari, mengakibatkan pada siang hari kondisi cukup panas dan terik dengan kisaran suhu dapat mencapai 35-37 derajat Celcius.
 
"Kondisi suhu terik pada siang hari ini diprediksi masih dapat terjadi hingga tiga hari ke depan di sebagian wilayah Jawa-Nusa Tenggara," tuturnya.