Pemkab Sigi menggelar upacara HUT RI di daerah terpencil untuk pemerataan

id HUT RI,Kabupaten Sigi ,Irwan Lapatta ,Sulawesi Tengah ,Kemerdekaan Indonesia

Pemkab Sigi menggelar upacara HUT RI di daerah terpencil untuk pemerataan

Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Kawasan Danau Lindu, Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, Sabtu (17/8/2024). ANTARA/Moh Salam

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79  Kemerdekaan Republik Indonesia di daerah terpencil di kawasan Danau Lindu untuk pemerataan pembangunan.

Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta di Lindu, Sabtu, mengatakan pelaksanaan rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI di kawasan Danau Lindu sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap wilayah terpencil.
 
"Kegiatan kali ini dilaksanakan di luar dari kawasan perkotaan Kabupaten Sigi, yaitu di Danau Lindu yang sedikit terpencil. Ini menandakan Pemkab Sigi tidak hanya melihat pada satu titik daerah saja," katanya.
 
Ia menuturkan bahwa Kecamatan Lindu, Pipikoro dan Marawola Barat tetap merupakan bagian dari Kabupaten Sigi walaupun tempatnya jauh dari kawasan perkotaan.
 
"Jadi Kecamatan Lindu, Pipikoro dan Marawola Barat adalah bagian dari satu kesatuan Kabupaten Sigi itu makna yang sebenarnya, sehingga harapannya dengan pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan masyarakat di sini juga dapat merasakan suasana peringatan yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Pemkab Sigi," ujarnya.
 
Ia mengemukakan tujuan lain dari pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan di Kecamatan Lindu adalah guna mengajak masyarakat terutama unsur Forkopimda untuk melihat kondisi pembangunan di daerah itu, terutama akses jalannya.

"Tentunya ini masih perlu perbaikan-perbaikan untuk percepatan pembangunan di Kawasan Danau Lindu khususnya. Pada intinya upaya kami pemerintah daerah terus bergerak melanjutkan program pembangunan ini," ucapnya.