Koni Sulteng Minta Genjot Prestasi Cabang Prioritas

id ponulele

Koni Sulteng Minta Genjot Prestasi Cabang Prioritas

Ketua Harian Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Tengah, H Anwar Ponulele (kanan) (ANTARA Sulteng/Mohamad Hamzah)

Palu, (antarasulteng.com) - Ketua Umum KONI Sulawesi Tengah Anwar Ponulele meminta pengurus dan pelatih untuk menggenjot prestasi atlet tujuh cabang olahraga prioritas yang ditetapkan pada musyawarah provinsi beberapa waktu lalu guna meraih hasil cemerlang di PON XX Papua 2020.

"Kita harus mempersiapkan atlet jauh hari sebelum pelaksanaan PON," katanya di Palu, Sabtu.

Memang pelaksanaan PON masih tiga tahun, tetapi untuk menghadapi kegiatan bergengsi di Tanah Air itu, sudah harus dari sekarang ini mempersiapkan atlet.

Menurut dia, tanpa mempersiapkan atlet dengan matang,mustahil meraih prestasi terbaik, apalagi di anjang olahraga bergengsi seperti itu.

Semua daerah pasti berharap atletnya meraih prestasi cemeralang di PON dan mereka tentu sudah mempersiapkan atlet-atletnya dengan baik melalui sistem pembinaan dan pelatihan yang terprogram dan profesional.

Karena itu, kata Mantan Kadis Pendapatan Provinsi Sulteng itu meminta kepada semua cabang olahraga yang telah ditetapkan KONI sebagai cabang prioritas dan unggulan di PON XX Papua 2020 segera melakukan pembinaan dan latihan yang teratur.

Niscaya, jika persiapan kita mantap,prestasi atlet Sulteng di PON nanti bisa lebih bagus dibandingkan hasil yang dicapai di PON XIX 2016.

Tujuh cabang yang ditetapkan sebagai cabang prioritas dan unggulan Sulteng di PON Papua antara lain karate, binaraga, pencak silat, sepak takraw putri,tinju, dayung dan kempo.

Namun demikian, cabang lain yang tidak termasuk dalam tujuh cabang prioritas bukan berati tidak diperhitungkan. Semua cabang tentu diperhitungkan, tetapi tentu dilihat dari catatan prestasinya.

Karena yang menentukan lolos-tidaknya atlet ke PON harus melalui prakualifikasi. Untuk bisa lolos meraih tiket ke PON, maka harus berjuang keras dari sekarang ini dengan melakukan latihan intensif dan terprogram di masing-masing cabang.

Pada PON XIX di jabar 2016, Sulteng berhasil meraih 11 medali terdiri perak dan perunggu.

Di PON XX dijadwalkan berlangsung di Papua 2020, Sulteng targetkan meningkatkan prestasi di urutan lebih terhormat. (skd)