Jamaah Masjid Nurul Ikhwan Kampal Rayakan Maulid

id Parimo

Jamaah Masjid Nurul Ikhwan Kampal Rayakan Maulid

Suasana perayaan Maulid di Masjid Nurul Ikhwan Kapal, Parigi, Selasa (12/12) malam (Antaranews.com/Jeprin-Humas Pemkab)

Parigi (Antarasulteng.com) - Jamaah Masjid Nurul Ikhwan Perumahan Banua Indah Kelurahan Kampal Kecamatan Parigi merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 Hijriah, Selasa (12/12) malam. 

Acara maulid diawali sholat isya secara berjamaah kemudian dilanjutkan dengan doa barzanji yang dipimpin langsung Ketua MUI Kabupaten Parigi Moutong, KH Qasim Abdul Madjid yang juga sekaligus membawakan hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Seperti lazimnya perayaan Maulid, jamaah Masjid Nurul Ikhwan juga membuat barakah yaitu wadah berukuran 1x3 meter yang telah dihiasi kertas berwarna warni dan makanan tradisional seperti telur serta nasi ketan kuning dan putih. 

Berakah ini kemudian diperebutkan oleh anak anak. Bahkan orang dewasa pun turut memperebutkan telur yang telah ditancapkan di atas wadah itu. 

Ketua Panitia Moh.Saksi Lasimpala SPd MM mengatakan, barakah itu merupakan tradisi setiap perayaan maulid. Melalui barakah itu warga bergotong royong, karena seluruh makanan dan hiasan barakah itu dibuat bersama sama. 

"Mereka bergotong royong membuat barakah. Jadi nuansa kebersamaan diantara warga menyiapkan barakah itu sangat kental,"kata Sakti.

Ia berharap perayaan Maulid Nabi ini bisa dipertahankan dan tetap menjadi agenda rutin jamaah masjid Nurul Ikhwan. (Jeprin/Humas Pemkab Moutong)