Kemenag Sulteng - IAIN Palu kerja sama bidang pendidikan

id Kemenag,IAIN,pendidikan

Kemenag Sulteng - IAIN Palu kerja sama bidang pendidikan

Kepala Kanwil Kemenag Sulteng Abdullah Latopada menerima berkas kerjasama dari Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd, di sela-sela rapat kerja IAIN Palu, di Mercure Hotel Palu, Kamis 22/2. (Muhar Ibrahim)

Palu (Antaranews Sulteng) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah menjalin kerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu dalam bidang pengembangan pendidikan dan kependidikan Islam.

Kepala Kanwil Kemenag Sulteng H Abdullah Latopada, di Palu, Senin, mengatakan bahwa kerja sama ini dilakukan karena sumber daya manusia (SDM) keagamaan berada di IAIN Palu sangat dibutuhkan di madrasah-madrasah, serta SDM Kantor Urusan Agama (KUA) yang tersebar di seluruh wilayah Sulteng.

Menurutnya, kesepahaman itu akan ditindaklanjuti.

Abdullah juga memberikan masukan kepada sivitas akademika IAIN Palu terkait berbagai masalah di masyarakat dalam dunia pendidikan, di antaranya adalah adanya beberapa guru agama yang tidak bisa mengaji, sehingga tidak bisa maksimal dalam mengajar. Selain itu juga masih adanya kejadian murid memukul guru serta demo para mahasiswa.

"Diharapkan menjadi perhatian dan kajian dari IAIN Palu dalam membangun dunia pendidikan, utamanya dalam menghasilkan guru agama yang berkualitas sehingga dapat menghasilkan anak didik yang berakhlak terpuji," katanya lagi.

Menurutnya, membentuk dan mendidik anak adalah tugas bersama, dalam Islam Nabi Muhammad SAW mengajarkan bahwa `Ajar dan didik anakmu sesuai dengan zamannya`, sehingga ajaran ini perlu dikaji penerapannya dalam metodologi dan sistem pendidikan yang bisa mengubah karakter dan kepribadian guru serta anak didik.

Baca juga: Kemenag Sulteng dukung IAIN Palu sosialisasikan SPAN

Kakanwil menyebutkan, karena hal itu tugas bersama maka diharapkan IAIN, sebagai akademisi membantu Kanwil Kemenag Sulteng, sebagai praktisi pendidikan dan dakwah yang mempunyai banyak madrasah, KUA dan penyuluh yang tersebar di kabupaten/kota untuk bersinergi menghasilkan pendidikan dan konsep dakwah yang baik dan benar demi kemajuan pendidikan dan masyarakat.

Abdullah mengharapkan agar IAIN Palu bersama mengubah karakter manusia dengan memanusiakan manusia, kembali ke ajaran Islam dengan menghargai orang lain, melihat seseorang bukan dari agama, suku, profesi dan lainnya, tetapi menghargai mereka sebagai manusia ciptaan Allah SWT.

Dia menekankan bahwa membangun karakter bangsa adalah tugas kita bersama, sehingga IAIN mampu mengeluarkan alumni berkarakter Islam, berakhlakul karimah dan berdaya secara ekonomi.

Pendandatanganan nota kesepahaman itu telah dilaksanakan ketika pelaksanaan Raker IAIN Palu 2018 yang mengusung tema "Sinkronisasi Program Kerja Untuk Peningkatan Mutu dan Daya Saing", yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Palu, 22 sampai 24 Februari 2018.