Polres Banggai rajut silaturahim dengan korban eksekusi lahan Tanjung Sari

id Polres Banggai,Tanjung Sari,eksekusi

Polres Banggai rajut silaturahim dengan korban eksekusi lahan Tanjung Sari

Kapolres Banggai AKBP Moh. Sholeh saat mengunjungi warga Tanjugn Sari, korban penggusuran pada eksekusi lahan yang kini tinggal di tenda-tenda penampungan di kawasan Pelabuhan Luwuk (Antaranews Sulteng/Istimewa)

Palu (Antaranews Sulteng) - Polres Banggai, Sulawesi Tengah, menggelar bhakti sosial di lokasi penampungan sementara para korban yang tergusur dari areal tanah yang dieksekusi penegak hukum di Kawasan Tanjung Sari, Kelurahan Keraton, Kota Luwuk.

Menurut siaran pers Humas Polda Sulteng, Jumat, bhakti sosial itu dimaksudkan untuk memperbaiki hubungan silaturahim antara Polres Banggai dengan masyarakat Tanjung Sari pascainsiden antara warga dengan polisi saat pengamanan eksekusi lahan di lokasi itu, pada Senin 19 Maret 218.

Insiden itu berujung pada pencopotan Kapolres Banggai AKBP Heru Pramukarno dan ditarik ke Mabes Polri, hanya sepekan setelah insiden tersebut. Heru digantikan AKBP Moh. Sholeh yang sebelumnya bertugas di Polda Papua.

Kapolres Banggai yang baru Moh, Sholeh pada hari pertama menjabat langsung menemui warga masyarakat Tanjung Sari yang ada di tenda-tenda pengungsian di area dermaga PT. Pelni Kota Luwuk. 

Lalu pada Rabu (4/4), Moh. Sholeh memimpin bhakti sosial untuk warga korban eksekusi Tanjung Sari itu dengan memberikan bantuan berupa berbagai jenis bahan pokok, khitanan massal dan pengobatan gratis. 

Baca juga: Tidak disiplin, Kapolres Banggai dicopot (Vidio)

Pengobatan dan khitanan gratis untuk warga dilakukan dengan bekerja sama Biddokes Polda Sulteng yang dipimpin langsung Kabiddokkes Polda Sulteng AKBP dr.IsSarifin, Sp.B dengan menerjunkan 14 personel. 

Sebanyak 9 orang anak megikuti khitanan masal serta 28 orang warga mendapat pemeriksaan dan pengobatan secara gratis.

Selain itu Polres Banggai juga memanfaatkan mobil water canon yang biasa digunakan membubarkan massa pada saat mengamankan aksi unjuk rasa, untuk membagikan air bersih untuk masyarakat yang tinggal di tenda-tenda tersebut.

Kapolres Banggai AKBP Moh.Soleh pada bhakti sosial yang dihadiri tokoh masyarakat dan tokoh agama itu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif sehingga dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan nyaman dan lancar.