Porprov Sulteng ditunda tahun depan

id KONI, Porprov,Sulteng

Kepala Sekretariat KONI Sulteng, Edison Ardiles. (Foto Antara/Anas Masa

Palu, (Antaranews Sulteng) - Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dijadwalkan berlangsung di Kabupaten Parigi Moutong November 2018 ini, ditunda April tahun depan.

"Ya sudah pasti, pelaksanaan Porprov Sulteng 2018 ditunda tahun depan," kata Ketua Umum KONI Sulteng melalui Kepala Sekretariat KONI setempat, Edison Ardsiles di Palu, Senin.

Ia mengatakan penundaan pelaksanaan kegiatan olahraga itu menyusul adanya surat dari Gubernur Sulteng H Longki Djanggola kepada pantia dan KONI.

Dalam surat tersebut, gubernur meminta agar penyelenggaraan kegiatan olahraga se-Sulteng yang semula dijadwalkan pada November 2018, terpaksa ditunda April mendatang.

Menurut dia, penundaan pelaksanaan Porprov Sulteng antara lain karena bencana alam gempa bumi 7,4 SR dan disusul tsunami yang terjadi pada 28 September 2018.

Bencana alam yang terjadi di Sulteng tidak hanya terdampak di Kota Palu, tetapi juga Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan sebagian juga Kabupaten Parigi Moutong.

Dampak dari bencana tersebut menyebabkan infranstruktur jalan, jembatan, listrik, telekomunikasi, rumah, pusat-pusat perbelanjaan, fasilitas olahraga, pendidikan, kesehatan, rumah ibadah, fasilitas vital, termasuk SPBU rusak berat, bahkan menelan ribuan korban jiwa.

Dan, lanjutnya, sangat tidak mungkin jika Porprov dilaksanakan dalam waktu dekat ini, dimana perekonomian masyarakat, khususnya di Kota Palu, Sigi dan Donggala sedang terpuruk, meski sekarang sudah mulai bangkit lagi.

Berdasarkan keputusan panitia pelaksana Porprov se-Sulteng yang akan digelar April 2018 tetap mempertandingkan/memperlombakan 20 cabang olahraga.
Pewarta :
Editor: Anas Masa
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar