Pemkab Sigi dapat bantuan dari LTKL

id irwan

Pemkab Sigi dapat bantuan dari LTKL

BUpati Sigi Mohammad Irwan Lapatta (Antarasulteng.com)

Sigi, Sulteng,  (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mendapat bantuan dana kolaborasi dan sejumlah jenis tanaman perkebunan dari Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL).

Bupati Sigi, Irwan Lapata di Sigi, Rabu, membenarkan ada bantuan yang meringankan beban pemerintah daerah dan masyarakat menyusul bencana alam gempabumi 7,4 SR yang juga mengguncang daerahnya pada 28 September 2018.

Ia mengatakan, bantuan itu diserahkan oleh Ketua Umum LTKL H Dodi Reza Alex Nurdin.

Menurut dia, gempa tersebut mengakibatkan sekitar 13 wilayah di Sigi terdampak parah. Banyak rumah penduduk yang rusak parah.

Selain ituk, sarana dan prasarana jalan, jembatan, irigari, listrik, telekomunikasi, sekolah, pusksesmas, rumah sakit, kantor pemerintah juga rusak.

Bencana juga menelan ribuan korban jiwa meninggal dunia dan hilang akibat gempa yang mengakibatkan likuefaksi di beberapa permukiman penduduk di Kabupaten Sigi.

Karena itu, bantuan dari berbagai pihak yang masih mengalir, termasuk dari LTKL sangat bermanfaat bagi pemerintah maupun masyarakat di Sigi.

Sementara itu , Ketua Umum LTKL Dodi Reza Alex Nurdin mengatakan bahwa bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan tanda empati kepada pemerintah dan masyarakat Sigi yang masih kuat dan terus bangkit dari bencana alam.

Menurut dia, sudah menjadi kewajban bersama untuk saling membantu. Apalagi Kabupaten Sigi, termasuk anggota LTKL.

Sebagai sesama anggota, jika ada salah satu yang ditimpa bencana alam, sudah menjadi kewajiban untuk lain turut membantu.

Selain bantuan dana, kata Dodi, pihaknya juga menyalurkan bantuan beberapa jenis bibit tanaman perkebunan seperti kelapa dalam, kopi, dan kakao.