Wagub Sulteng: Pramuka harus terlibat cegah penyebaran COVID-19

id rusli palabbi,wagub sulteng,pramuka,pramuka sulteng,pandemi covid 19,pemprov sulteng

Wagub Sulteng: Pramuka harus terlibat cegah penyebaran COVID-19

Penandatanganan kerjasama pencegahan penyebarluasan pandemi COVID-19 oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah  Jumriani dengan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Sulawesi Tengah Baharudin HT disaksikan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Dg Palabbi. (ANTARA/HO-Biro Humas Setda Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Palabbi menyatakan Pramuka harus terlibat secara aktif dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di daerah tersebut.

"Para pemuda Sulawesi Tengah, khususnya Pramuka agar tetap bersatu dan bangkit serta tidak boleh tercerai-berai. Meski berbeda, harus tetap satu dan semangat persatuan harus tetap dipelihara dengan baik, untuk bekerja sama mewujudkan kemajuan bangsa dan daerah Sulawesi Tengah," katanya saat menyampaikan sambutan pada apel kesiapsiagaan relawan Pramuka peduli bencana dan peringatan hari Sumpah Pemuda ke-92 di Gedung Bapelkes, di Palu, Rabu.



Terutama, lanjutnya, bagaimana menanggulangi pandemi COVID-19 dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan, yang di dalamnya mencakup gerakan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Wagub menilai sinergitas gerakan Pramuka khususnya dalam penanggulangan bencana alam seperti banjir maupun bencana nonalam seperti pandemi COVID-19 di Sulawesi Tengah, sudah tepat dan berkorelasi dengan keputusan kwartir nasional gerakan Pramuka.

Rusli Palabbi mengatakan hal itu mengamanahkan Pramuka melakukan kegiatan bakti masyarakat sebagai perwujudan dari pengamalan satya dan dharma Pramuka, untuk pengembangan SDM, penanggulangan bencana dan pelestarian lingkungan hidup, lewat gerakan Pramuka peduli dengan pendekatan tri bina, yakni bina diri, bina satuan dan bina masyarakat.

Melalui momentum apel siaga, ia berharap dapat menyamakan persepsi, meningkatkan komitmen dan semangat serta memperkuat sinergitas gerakan pramuka dalam mendukung program-program pemerintah daerah untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat bencana alam, bencana nonalam dan bencana sosial, serta turut berupaya melakukan mitigasi atau pencegahan bencana.

"Pramuka seyogyanya bisa menjadi agen perubahan, tidak hanya bagi dirinya sendiri, tapi juga bagi keluarga dan masyarakat, hingga lingkungan yang lebih luas lagi, yaitu bangsa dan negara,” kata Rusli Palabbi.
 

Wagub berharap anggota Pramuka Sulawesi Tengah dapat menjadi relawan yang pertama di tengah masyarakat, untuk menolong pada saat terjadinya bencana atau kesulitan-kesulitan yang menimpa masyarakat.

Pelaksanaan apel kesiapsiagaan relawan Pramuka peduli bencana dan peringatan hari Sumpah Pemuda ke-92 dirangkaikan dengan penandatanganan kerja sama pencegahan penyebarluasan pandemi COVID-19 oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Jumriani dengan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Sulawesi Tengah Baharudin HT disaksikan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Dg Palabbi.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Dg Palabbi menyampaikan sambutan pada apel kesiapsiagaan relawan Pramuka peduli bencana dan peringatan hari sumpah pemuda ke-92 bertempat di Gedung Bapelkes, di Palu, Rabu sore. (ANTARA/HO-Biro Humas Setda Pemprov Sulteng)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar