IAIN Ajak Warga Sulteng Sukseskan Pionir Nasional

id stain, pioner, zainal

IAIN Ajak Warga Sulteng Sukseskan Pionir Nasional

Ilustrasi (Adha Nadjamudin)

Kita mengusung tiga sukses yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses promosi
Palu,  (antarasulteng.com) - Rektor Institut Agama Islam Negeri Palu Prof Dr Zainal Abidin mengajak seluruh elemen masyarakat di Sulawesi Tengah untuk ikut menyukseskan pelaksanaan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (Pionir) VII Nasional pada 18-24 Mei 2015 di Palu.

"Kita mengusung tiga sukses yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses promosi," kata Zainal pada rapat koordinasi IAIN dan Pemerintah Kota Palu di Palu, Senin.

Rapat tersebut dilaksanakan untuk memantapkan pelaksanaan Pioner karena kegiatan ini akan diikuti hampir tiga ribu atlet dan sekitar 7.000 peserta partisipan dalam kegiatan pendukung seperti pemecahan rekor Muri mengaji dengan shaf terpanjang.

Dia mengatakan selaku tuan rumah pelaksanaan Pionir, IAIN dan seluruh komponen masyarakat Kota Palu harus siap menjadi tamu yang baik di tengah daerah ini sering dilanda pemberitaan konflik antarwarga.

"Kita ingin buktikan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa Kota Palu, Sulawesi Tengah itu aman," katanya.

Rencananya Pionir akan dihadiri 55 perguruan tinggi keagamaan se Indonesia.

Hingga Senin sudah 53 perguruan tinggi yang mendaftar dengan peserta 2.850 orang.

Zainal mengatakan Pionir diharapkan tidak saja sukses dari pelaksanaan tapi juga sukses dari promosi daerah.

"Kalau ada empat ribu tamu, masing-masing membeli satu kilogram bawang goreng berarti ada empat ribu kilogram bawang goreng di Kota Palu laku terjual," katanya.

Dia mengatakan Pionir bagi IAIN Palu merupakan pintu masuk promosi IAIN Palu secara khusus karena perguruan tinggi Islam terbesar di Sulawesi Tengah ini akan menyejajarkan diri dengan IAIN yang lebih maju di Indonesia.

"Itu misi kita. Tentu saja kita butuh promosi agar perguruan tinggi Islam ini juga maju sejajar dengan IAIN yang sudah maju lainnya di Indonesia," katanya.

Selain menggelar 17 jenis lomba, Pionir juga akan didukung dengan berbagai acara lain seperti pertemuan Forum Rektor/Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan se-Indonesia, pameran IAIN dan panggung pentas seni.

Tidak kalah pentingnya Pionir kali ini ingin masuk dalam rekor Muri dengan agenda mengaji dengan shaf terpanjang di Teluk Palu.

Acara ini akan melibatkan partisipasi masyarakat Kota Palu dari berbagai elemen masyarakat.(skd)