DPRD Palu Dapat Kunjungan Kehormatan Dari Lemhanas

id DPRD Palu, Lemhanas,

DPRD Palu Dapat Kunjungan Kehormatan Dari Lemhanas

Rombongan Lemhanas RI foto bersama anggota DPRD Kota Palu, usai melakukan pertemuan di ruang paripurna DPRD Kota Palu, Selasa (11/8) (Yuni)

“Ini salah satu program penuntasan kemiskinan daerah dan hasil LKPJ ini mampu efektif menurunkan angka kemiskinan. Dimana keterlibatan masyarakat sangat efektif, dan program ini menjadi program ujung tombak yang dijalankan oleh Walikota Palu,” je
Palu (antarasulteng.com) - DPRD Kota Palu mendapat kunjungan kehormatan dari Lembaga Pertahanan Nasional RI (Lemhanas). Sebanyak 35 rombongan Lemhanas yang dipimpin RI Mayjen TNI Hari Mulyono MM tersebut berdialog dengan anggota DPRD Kota Palu di Palu, Selasa (11/8).

Pada kesempatan tersebut beberapa hal sempat dipertanyakan antara lain pencapaian program penuntasan kemiskinan yang merupakan program Pemerintah Kota Palu.

Dari hasil yang diperlihatkan bahwa untuk penuntasan kemiskinan mengalami penurunan, namun program bedah rumah hanya mengalami perubahan dari segi perbaikkan infrastruktur.

“Apakah ada program lain yang berhubungan dengan pendapatan perkapita untuk penuntasan kemiskinan,” kata Kolonel Kusworo, salah satu dari peserta studi strategi angkatan ke III.

Selain masalah penuntasan kemiskinan, rombongan Lemhannas yang 35 orang itu juga mempertanyakan program pendidikan di Kota Palu.

Menanggapi hal itu Sekretaris Komisi B, Moh Rum mengatakan untuk program penuntasan kemiskinan, Kota Palu saat ini menindaklanjuti program PNPM yang merupakan program nasional.

Selain itu, lanjut Rum, Kota Palu saat ini sedang menjalankan program PDPM (program daerah pemberdayaan masyarakat) yang merupakan program daerah yang dikawal langsung oleh pemerintah kota setempat, salah satunya melalui program padat karya yang melibatkan masyarakat ekonomi lemah yang dilaksanakan di 45 kelurahan yangada di Kota Palu.

“Ini salah satu program penuntasan kemiskinan daerah dan hasil LKPJ ini mampu efektif menurunkan angka kemiskinan. Dimana keterlibatan masyarakat sangat efektif, dan program ini menjadi program ujung tombak yang dijalankan oleh Walikota Palu,” jelas Rum.

Menyangkukt peningkatan mutu pendidikan, Rum menjelaskan selain dana yang disediahkan dalam meningkatkan mutu pendidikan, Pemda juga mnenyediahan yayasan yang membantu siswa-siswa kurang mampu. “Itu dari sisi tingkat pendidikan,” kata Rum.

Ketua Rombongan Lemhanas RI Mayjen TNI Hari Mulyono MM mengungkan tujuan kunjungan tersebut, dalam rangka menjalankan tugas studi strategi dalam negeri. Usai diskusi yang berlangsung selama satu jam tersebut, Lemhanas memberikan Plakat sebagai kenang kenangan.***