Wali Kota Palu ingatkan Paskibraka profesional jalankan tugas

id Walikotapalu, Hadianto Rasyid, paskibraka, Pemkotpalu, sulteng

Wali Kota Palu ingatkan Paskibraka profesional jalankan tugas

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid didampingi Ketua TP-PKK Palu Diah Puspita menyalami anggota Paskibraka yang didampingi orang tua masing-masing usai dikukuhkan di Palu, Sabtu (14/8/2021). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mengingatkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) daerah itu agar profesional menjalankan tugas saat mengibarkan bendera Merah Putih pada peringatan HUT Ke-76 Republik Indonesia.
 
"Paskibraka sebagai orang-orang pilihan harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi supaya terminimalisir kesalahan-kesalahan teknis," katanya saat mengukuhkan Paskibraka Palu di Palu,  Sulawesi Tengah, Sabtu.
 
Menurut dia, momentum ini suatu kebanggaan bagi setiap anggota Paskibraka karena tidak semua siswa dan siswi memiliki kesempatan yang sama.
 
Namun, hal ini juga menjadi tanggung jawab yang tidak mudah, di mana para anggota Paskibraka harus ditempa melalui proses pendidikan dan pelatihan selama berbulan-bulan.
 
"Momen mengibarkan bendera adalah momen menegangkan bagi Paskibraka, oleh karena itu dibutuhkan mental yang kuat serta mampu mengambil keputusan yang cermat dan tepat pada kondisi situasional," ujar Hadianto.
 
Ia juga berpesan kepada para anggota Paskibraka agar mampu menjaga kekompakan dan membangun rasa kekeluargaan yang harmonis, baik saat berlatih maupun di tempat karantina, supaya tercipta hubungan emosional yang baik.
 
Namun, sebaliknya jika anggota hanya mementingkan ego masing-masing, sulit dapat menggapai keberhasilan saat menjalankan tugas, sebab dalam kerja sama tim dibutuhkan visi yang seirama bukan penilaian secara individu.
 
"Kita tidak boleh angkuh, harus terjalin rasa kebersamaan dan kekeluargaan," kata Hadianto.
 
Paskibraka Kota Palu yang dikukuhkan berjumlah 68 orang, terbagi dalam dua tim tugas, yakni Tim Soekarno dan Tim Hatta yang nantinya bergantian menaikkan dan menurunkan duplikat bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2021.
 
Setelah mereka menjalani proses pendidikan yang panjang atau purna, diharapkan dapat mencerminkan sikap kerja keras, kreatif dan inovatif di masyarakat agar dapat menjaga keutuhan NKRI.
 
"Buatlah orang tua dan kelurahan bangga dari tugas yang anda lakukan. Tunaikan tugas ini dengan rasa cinta dan penuh tanggung jawab. Kesuksesan pengibaran bendera Merah Putih nanti ada di pundak Paskibraka," demikian Hadianto.