Pemkot Palu siapkan RTH Vatulemo untuk gerakkan ekonomi masyarakat

id Walikotapalu, Hadianto Rasyid, Pemkotpalu, Sulteng, RTH, Vatulemo, ekonomi, masyarakat, palu

Pemkot Palu  siapkan RTH Vatulemo untuk gerakkan ekonomi masyarakat

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid. ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah menyiapkan ruang terbuka hijau (RTH) Vatulemo Palu untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat setempat sekaligus menjadi ruang untuk multi kegiatan.
 
"Mengingat letak lapangan Vatulemo sangat strategis, maka kami mengupayakan meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana penunjang," kata Wali Kota Palu Hadianto Rasyid di Palu, Kamis.
 
Dalam mendukung aktivitas masyarakat di kawasan tersebut, Pemkot Palu merencanakan revitalisasi di tahun anggaran 2023, agar wajah RTH tersebut lebih indah dan menarik perhatian publik datang berkunjung.
 
Saat ini, RTH Vatulemo dijadikan sebagai tempat berolahraga dan sejumlah kegiatan lainnya, termasuk wisata kuliner, yang setiap harinya ramai dikunjungi karena letaknya sangat strategis sekaligus tepat hadapan langsung dengan pusat pemerintahan ibu kota Sulteng.

Pemkot Palu menilai kawasan strategis ini butuh penataan yang lebih menarik agar manfaatnya lebih mengarah pada kepentingan umum.
 
"Kami ingin fasilitas dibangun pemerintah memiliki manfaat yang besar kepada masyarakat. Tidak hanya dijadikan sebagai sarana pendukung, tetapi juga dapat menjadi pemicu penggerak ekonomi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)," ucap Hadianto.
 
Sejalan dengan rencana tersebut, Pemkot Palu juga ke depan akan melakukan uji publik terhadap perencanaan tersebut, gara pembangunan ke depan dapat direspon baik serta mendapat dukungan dari semua pihak.
 
Dikemukakannya, peningkatan infrastruktur perkotaan, merupakan salah satu bagian dari 53 program prioritas pemerintah setempat yang dituangkan dalam visi dan misi membangun kota Palu yang mandiri, aman dan nyaman, tangguh serta profesional dalam konteks pembangunan berkelanjutan berbasis kearifan lokal dan keagamaan.
 
"Kami berharap fasilitas yang telah disediakan pemerintah dimanfaatkan sebaik mungkin, karena RTH tidak hanya dijadikan sebagai kawasan hijau, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain yang memiliki nilai positif bagi masyarakat itu sendiri," ujar Hadianto.