Pesan Alkhairat Gelar 13 Lomba Olahraga-Seni

id alkhaerat

Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang untuk mempererat persaudaraan pelajar Alkhairaat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia
Palu,  (antarasulteng.com) - Pekan silaturahmi nasional (Pesan) Alkhairaat I menggelar lomba 13 cabang olahraga dan seni di lingkungan perguruan Alkhairaat, 13-15 Juli 2016 di kompleks perguruan Alkhairaat pusat Palu.

Ketua Panitia Pesan Alkhairaat I Irpan Abd Gafar di Palu, Kamis, mengatakan lomba untuk mendukung kebugaran, kesehatan, sportifitas, kejujuran dan nilai-nilai persaudaraan antarsiswa siswi di lembaga pendidikan Alkhairaat.

"Lomba ini merupakan rangkaian Pesan Alkhairaat I yang turut menyemarakan perayaan Haul Guru Tua H.S Idrus Bin Salim Aljufri ke-48. Selain itu biaya pendaftaran semua jenis lomba gratis," katanya.

Ke-13 cabang lomba yakni cabang seni dengan item lomba Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ), Musabaqah Hijril Qur'an (MHQ), Musabaqah Khattil Qur`an (MKQ), Muhadharah atau ceramah/pidato islami 3 bahasa yakni Indonesia, Arab dan Inggris.

Kemudian lomba cipta dan baca puisi, annagam atau vocal group, marawis, jepeng, pembacaan barzanji dan cerita remaja islami. Untuk lomba cabang olahraga dengan item senam santri, lari estafet rukun islam dan tenis meja.

Peserta lomba terdiri atas beberapa tingkatan peserta didik yakni taman kanak-kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA). Tingkat sekolah dasar (SD), madrasah ibtidaiyah (MI) dan madrasah diniyah Alkhairaat (MDA). Tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan madrasah tsanawiyah (MTs) serta tingkat sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK) dan madrasah aliyah (MA).

Penutupan dan pengumuman hasil lomba akan dilaksanakan pada Sabtu (16/7) pukul 8 malam, kata Irpan.

Sekjen Pengurus Besar (PB) Alkhairaat Lukman Thahir mengatakan Pesan Alkhairaat tersebut akan menjadi event tahunan menjelang perayaan Haul Guru Tua di tahun-tahun mendatang.

"Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang untuk mempererat persaudaraan pelajar Alkhairaat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia," ujarnya.

Sebagai langkah awal, kegiatan Pesan Alkhairaat I tahun 2016 ini melibatkan pelajar Alkhairaat dari daerah sekitar Palu yakni Donggala dan Sigi.