Otoritas Bandara Sis Al Jufri Palu siap layani jamaah calon haji

id bandara sis al jufri,pelayanan haji,haji 2023

Otoritas Bandara Sis Al Jufri Palu siap layani jamaah calon haji

Arsip Foto - Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri di Kota Palu, Sulawesi Tengah. (ANTARA/Basri Marzuki)

Palu (ANTARA) - Otoritas Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, sudah siap melayani pemberangkatan jamaah calon haji tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Kepala Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri Rudi Richardo di Kota Palu, Selasa, mengatakan bahwa pengelola bandara berkoordinasi dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dalam menyelenggarakan pelayanan bagi jamaah haji.

Menurut dia, otoritas bandara telah menyiapkan alur pelayanan bagi jamaah calon haji mulai dari pintu masuk bandara.

Pengelola bandara, ia mengatakan, juga menyiapkan kursi roda dan jalur khusus bagi anggota jamaah yang berusia lanjut dan anggota jamaah yang tidak bisa menggunakan eskalator.

Selain itu, pengelola bandara bersama PPIH melakukan pengaturan sedemikian rupa sehingga proses pemuatan barang bawaan jamaah tidak sampai menimbulkan keterlambatan pemberangkatan pesawat.

Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri di Kota Palu menjadi tempat pemberangkatan jamaah calon haji menuju ke daerah Embarkasi Balikpapan di Provinsi Kalimantan Timur, tempat jamaah haji bertolak menuju ke Arab Saudi.

Pengelola Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri berkoordinasi dengan pengelola Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan untuk menyediakan jalur pelayanan khusus bagi jamaah calon haji.

"Dengan menggunakan jalur khusus, pengaturan jamaah serta bagasinya akan lebih mudah," kata Rudi.

Pengelola Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri bertugas melayani pemberangkatan 2.111 calon haji asal Provinsi Sulawesi Tengah, yang didampingi oleh 35 petugas kelompok terbang (kloter) dan 17 petugas haji daerah (PHD).

Rombongan calon haji pertama dari Sulawesi Tengah telah diberangkatkan dari Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri menuju ke Embarkasi Balikpapan pada  Selasa pagi. 

Jamaah yang tergabung dalam kloter 9 Embarkasi Balikpapan tersebut dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada 7 Juni 2023.