Gubernur Sulteng: Dinas Kehutanan tingkatkan tata kelola perhutanan

id Gubernur Sulteng,Dinas Kehutanan,Pemprov Sulteng,Hutan Sulteng,Tata Kelola Perhutanan

Gubernur Sulteng: Dinas Kehutanan tingkatkan tata kelola perhutanan

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura meminta Dinas Kehutanan agar meningkatkan tata kelola perhutanan untuk memaksimalkan kontribusi sektor kehutanan dalam percepatan pembangunan daerah.



"Sulawesi Tengah dikaruniai dengan potensi sumber daya hutan yang melimpah, yang dalam pengelolaannya harus diikutkan dengan tata kelola yang baik," kata Rusdy Mastura di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu.



Pernyataan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, seiring dengan ia melantik Muhammad Neng sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulteng. Gubernur telah menandatangani Surat Keputusan Nomor: 800/602/BKD-Gub.ST/2023 mengenai pengangkatan Kepala Dinas Kehutanan.



Dia menambahkan Sulawesi Tengah dikaruniai dengan potensi sumber daya hutan yang melimpah. Kekayaan sumber daya alam tersebut, menurut dia, harus diikutkan dengan tata kelola perhutanan yang baik, yang dilakukan oleh Dinas Kehutanan.



"Salah satunya melakukan pemetaan wilayah hutan Sulawesi Tengah yang lebih proporsional, agar dapat mengoptimalkan wilayah hutan Sulawesi Tengah baik secara ekonomi maupun ekologis," sebutnya.



Pemetaan wilayah hutan, ujar dia, agar jelas batas - batas wilayah kehutanan yang ada di 12 kabupaten dan satu kota di Sulteng.



"Saya berharap, dengan adanya batas-batas pembagian wilayah kehutanan yang jelas, dapat membantu untuk mengetahui hutan - hutan mana yang pemanfaatannya sebagai hutan konservasi, hutan produksi, hutan lindung maupun hutan adat," ungkapnya.



Hal tersebut guna menghindari terjadinya alih fungsi hutan secara ilegal, deforestasi dan perampasan hak masyarakat adat atas wilayah hutan adat.



Gubernur berharap agar Dinas Kehutanan membuat dokumen perencanaan kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah bersinkronisasi dengan perencanaan kehutanan tingkat nasional.



"Begitu pula dengan rencana pembangunan jangka panjang dan juga rencana pembangunan jangka menengah, serta rencana tata ruang wilayah provinsi dan tata ruang kabupaten dan kota, agar dapat dijadikan satu kesatuan yang integral, yang dijadikan acuan kita dalam pembangunan Sulawesi Tengah berwawasan lingkungan," sebutnya.



"Semoga saudara dapat melaksanakan amanah dengan dedikasi dan integritas yang tinggi, serta menunjukkan inovasi dan terobosan dalam meningkatkan performa Dinas Kehutanan sehingga Dinas Kehutanan dapat menjadi organisasi perangkat daerah yang akuntabel di Provinsi Sulawesi Tengah," kata Gubernur.




Gubernur Sulteng Rusdy Mastura melantik Muhammad Neng sebagai Kepala Dinas Kehutanan Sulteng. (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)