Pemerintah diminta perkuat mitigasi bencana di Morowali

id Nasdem

Pemerintah diminta perkuat mitigasi bencana di Morowali

Anggota Komisi VII DPR Ahmad M Ali meninjau lokasi banjir di kawasan transmigrasi Desa Wosu Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali, Minggu. (Antaranews Sulteng/Humas Nasdem Sulteng M Hamdin)

Morowali, Sulawesi Tengah,  (Antaranews Sulteng) - Anggota Komisi VII DPR Ahmad M Ali meminta pemerintah memperkuat mitigasi bencana untuk mencegah banjir dan longsor khususnya di daerah transmigrasi Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

"Pemerintah sudah harus perkuat mitigasi. Bencana yang ada harus pelajaran bagi pemerintah," katanya di Morowali, Senin.

Bendahara Umum DPP Nasdem itu meninjau lokasi banjir di wilayah trasmingrasi di Desa Wosu Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali, Minggu (20/5).

Banjir menerjang 50 rumah warga karena minimnya prasarana untuk mencegah banjir. Warga harus mengungsi, karena ketinggian air kurang lebih satu meter.

Dirinya mengaku telah menghubungi kementerian terkait untuk mengambil langkah-langkah diperlukan dalam menangani masalah di lokasi trasmigrasi, baik pembangunan sarana dan prasarana, maupun hak-hak keperdataan warga transmigrasi yang selama ini terabaikan.

Anggota Dewan dari Daerah Pemilihan Sulteng itu juga mengaku sudah delapan tahun meninggalkan Morowali, sehingga banyak hal berkaitan dengan kemajuan maupun masalah-masalah pembangunan tidak dikatahuinya lagi.

"Itu karena komunikasi dari pihak pemerintah daerah kepada kami baik sebagai putra kelahiran Morowali maupun sebagai Anggota DPR RI tidak pernah terjadi," akuinya.
 
Anggota Komisi VII DPR Ahmad M Ali meninjau lokasi banjir di kawasan transmigrasi Desa Wosu Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali, Minggu. (Antaranews Sulteng/Humas Nasdem Sulteng M Hamdin)

Kehadiran Ahmad Ali dilokasi banjir, merupakan peristiwa ketidaksengajaan, karena dirinya sedang pulang kampung di Desa Wosu, Morowali pada momen menyambut bulan Ramadhan.

Desa Wosu merupakan desa kelahiran Ahmad M Ali yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Fraksi Nasdem.

Terkait hal itu, Zainal, warga transmigrasi mengaku banjir itu terjadi sejak pagi pukul 05.00 Wita. Ia menyebutkan peristiwa banjir seperti itu sudah merupakan hal biasa terjadi di setiap musim hujan tiba.

"Sejak pertama kami di sini, sekitar 10 tahun silam hingga hari ini peristiwa banjir ini sudah sering terjadi dan biasa bagi kami," kata Zainal. 

Baca juga: Nasdem minta pemprov dampingi pengelolaan dana desa