KPU tojo una-una sosialisasi rumah pintar pemilu

id kpu,pemilih,pemula,sosialisasi,touna

KPU tojo una-una sosialisasi rumah pintar pemilu

KPU Tojo Una-una menggelar sosialisasi dan publikasi rumah pintar pemilu (RPP) dan RPP mobile di kantor KPU Touna, Ampana, Kamis, (20/9) (www.sulteng.antaranews.com/Fauzi)

Ampana, (Antaranews Sulteng) - Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-Una menggelar sosialisasi dan publikasi rumah pintar pemilu (RPP) dan RPP mobile, sebagai pusat informasi pemilu dan pusat pendidikan pemilu, di kantor KPU Touna, Ampana, Kamis.

Ketua KPU Touna, Dirwansyah Putra mengatakan kegiatan sosialisasi dan publikasi RPP itu sebagai upaya dalam memberikan pendidikan politik bagi masyarakat dan pemilih pemula.

"Ini bentuk sosialisasi tentang cara kerja rumah pintar pemilu, sehingga kita membuat simulasi di bilik suara," kata Dirwansyah.

Baca juga: Pemkot palu imbau caleg gunakan bahasa santun

Komisioner KPU Touna Divisi sosialisasi dan partisipasi, Ridwan Syafiruddin menambahkan pihaknya telah melakukan MoU dengan Kesbangpol dan Disdikpora Touna, untuk pemanfaatan RPP sebagai sarana edukasi bagi pemilih pemula di daerah tersebut.

Hadir dalam kegiatan itu, perwakilan partai politik, kepala sekolah menengah atas dan menengah kejuruan, Bawaslu Touna dan para siswa sebagai pemilih pemula.

Sejumlah kepala sekolah memberikan masukan kepada pihak KPU, agar menggelar kegiatan sosialisasi dan simulasi TPS di sekolah-sekolah, agar setiap siswa yang telah memenuhi syarat menjadi pemilih, mendapatkan pendidikan tentang tata cara memilih yang benar.

Komisioner Bawaslu Touna, Suandi Tamrin memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan sosialisasi tersebut, karena dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih nantinya.

"Ini sebagai bentuk pendidikan politik bagi masyarakat. Apalagi dilakukan simulasi pemilu, agar kedepan, tata cara memilih sudah tidak salah-salah lagi di bilik suara," ujar Suandi.