Tim sar evakuasi lima jenazah di petobo

id sar,jenazah,petobo

Tim sar evakuasi lima jenazah di petobo

Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban gempa dan likuifaksi di Kelurahan Petobo, Kota Palu, Jumat (26/10). (Foto: Antara/Humas Basarnas Palu)

Kami menerjunkan dua tim ke wilayah Petobo untuk melakukan evakuasi dan akhirnya tim SAR berhasil mengevakuasi lima jenazah

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Tim SAR gabungan kembali mengevakuasi lima jenazah akibat gempa dan likuifaksi di Kelurahan Petobo, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat.

"Kami menerjunkan dua tim ke wilayah Petobo untuk melakukan evakuasi dan akhirnya tim SAR berhasil mengevakuasi lima jenazah," kata Kepala Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palu, Basrano, di Palu, Jumat.

Memasuki minggu keempat pasca gempa, tsunami dan likuifaksi mengguncang Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala bermagnitudo 7,4 pada Skala Richter (SR) diakhiri massa perpanjangan tanggap darurat, tim SAR masih melakukan upaya pencarian.

Basrano mengemukakan, lima jenazah dievakuasi itu telah diketahui identitasnya diantaranya Husna sani perempuan 50 tahun, Muh Riansyah laki-laki 23 tahun, Yuli perempuan 25 tahun, Azril laki-laki 6 tahun dan Edrik laki-laki 85 tahun.

"operasi SAR dimulai pagi hingga sore pukul 17.00 Wita, dari lima jenazah, tiga diantaranya ditemukan saling berpelukan dalam tumpukan tanah kering," ujarnya.

Proses evakuasi menerjunkan dua tim dengan peralatan satu unit truk pengangkut personel, satu unit rescue car Compartement dan dua unit rescue trail milik Basarnas Palu.

"Sampai dengan Jumat (26/10) total korban yang dievakuasi oleh Tim SAR gabungan dari Basarnas sebanyak 950 orang, 86 diantaranya selamat dan 864 orang meninggal dunia," kata Basrano.

Sebelumnya, pekan lalu tim SAR telah mengevakuasi tujuh jenazah di lokasi likuifaksi Petobo.

Bencana gempa, tsunami dan likuifaksi pada 28 September 2018 memorak-porandakan Palu, Sigi dan Donggala yang menelan ribuan korban jiwa serta puluhan ribu warga mengungsi.

Baca juga: Tim SAR Korea Selatan bantu korban gempa di Petobo
Baca juga: Tim SAR evakuasi tujuh jenazah lagi di Petobo