Basarnas Bandung Diterjunkan Bantu Tsunami Banten

id Tsunami,Banten

Basarnas Bandung Diterjunkan Bantu Tsunami Banten

Warga mengais barang di antara reruntuhan di villa Tamaro yang porak-poranda diterjang tsunami di Pantai Carita, Pandeglang, Banten, Minggu (23/12/2018). (ANTARAFOTO/Asep Fathulrahman)

Untuk personel besok (Senin) berangkat empat tim pukul 13.30 WIB, dengan tiga unit kendaraan rescue
Bandung, (Antaranews Sulteng) - Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas)  Bandung, Jawa Barat, menerjunkan tim untuk membantu penanganan para korban bencana tsunami di pesisir pantai Provinsi Banten yang dilaporkan terdapat korban jiwa dan luka-luka karena diterjang bencana tersebut.

"Untuk personel besok (Senin) berangkat empat tim pukul 13.30 WIB, dengan tiga unit kendaraan rescue," kata Juru Bicara Basarnas Bandung, Joshua Banjarnahor melalui siaran pers, Minggu.

Ia mengatakan tim dari Basarnas daerah lain terutama dari Banten sudah dikerahkan untuk membantu pencarian, evakuasi dan penyelamatan para korban bencana tsunami.

Tim Basarnas dan petugas gabungan lainnya, kata Joshua, sudah berhasil mengevakuasi sejumlah korban yang selamat maupun yang meninggal dunia.

"Tim dari semalam (Sabtu) masih melakukan evakuasi dan mencari korban yang hilang," ujarnya.

Ia menyampaikan, hasil laporan dari tim di lapangan ada beberapa tempat yang belum dapat dimasuki petugas untuk melakukan pencarian korban.

Petugas, lanjut dia, memperhitungkan keamanan dan keselamatan diri dengan tetap memantau di sekitaran wilayah yang terdampak bencana dari lokasi aman.

"Tim belum bisa memasuki wilayah dikarenakan kondisi cuaca gelap berkabut," katanya.

Ia mengatakan tim pencarian dimaksimalkan dengan menggunakan helikopter milik Basarnas dan kapal Rescue Boat milik Kantor SAR Banten.

"Tim SAR gabungan tetap melaksnakan tugasnya dengan mengutamakan keselamatan lengkap menggunakan alat pelindung diri(APD)," ujar Joshua.***