Mourinho Ingin Bangun Dinasti

id mourinho

Anda memerlukan stabilitas untuk identitas, dan saya pikir identitas menjadi lebih penting pada sepakbola,".
London (antarasulteng.com) - Jose Mourinho mengaku kembali ke Chelsea karena ingin meninggalkan warisan yang bisa bertahan lama untuk pertama kalinya sepanjang karir kepelatihannya.

Orang Portugal berusia 50 tahun ini meraih kesuksesan di manapun ia melatih, namun tidak pernah bertahan di satu klub lebih dari tiga tahun tiga bulan seperti yang dia habiskan di Chelsea pada masa kerja pertamanya antara 2004 sampai 2007.

Ia kembali ke Stamford Bridge, dengan ikatan kontrak empat tahun, setelah memenangi delapan trofi dengan Inter Milan dan Real Madrid, namun kini dia menginginkan melihat bibit-bibit kesuksesan jangka panjang.

"Anda memerlukan stabilitas untuk identitas, dan saya pikir identitas menjadi lebih penting pada sepakbola," katanya seperti dikutip AFP.

"Anda memerlukan stabilitas. Anda tidak dapat mengganti pelatih dan filosofi setiap beberapa tahun. Gelar-gelar telah saya miliki. Uang telah saya miliki. Saya memerlukan tantangan-tantangan."

Ketika Mourinho berada di Madrid, Chelsea mengakhiri penantian sembilan tahun sang pemilik Roman Abramovich untuk meraih kejayaan di Liga Champions dengan menaklukkan Bayern Munich pada final 2012.

Mereka meneruskannya dengan meraih kesuksesan di Liga Europa di bawah pelatih sementara Rafael Benitez, namun Mourinho mengatakan klub itu harus memiliki tujuan lebih tinggi.

"Saya pikir pemenang Liga Europa dapat dianalisa dengan dua cara: pertama, Anda memenanginya; kedua, mengapa Anda memenanginya? Karena Anda tidak lolos dari fase grup Liga Champions," ucapnya.