LPTQ diminta dorong lahirnya qori dan qoriah berprestasi di Sulteng

id Pasigala ,Sulteng ,Sandi ,Pemprov Sulteng

LPTQ  diminta dorong lahirnya qori dan qoriah berprestasi di Sulteng

Sekdaprov Sulteng, Moh. Hidayat Lamakarate memberikan arahan sekaligus membuka Rakerda LPTQ Sulteng di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng d Palu, Senin (2/3). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Moh. Hidayat Lamakarate meminta Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sulteng agar berupaya keras mendorong lahirnya qori dan qoriah yang berprestasi di daerah itu.



"Seperti yang pernah diraih di era 80 dan 90-an. Waktu itu perwakilan Sulteng selalu mendapat tempat terhormat setiap ajang penyelenggaraan STQ (seleksi tilawatil quran) dan MTQ (musabaqah tilawatil quran) tingkat nasional, bahkan mewakili Indonesia di tingkat internasional," katanya pada pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPTQ Provinsi Sulteng di Gedung Polibu Kantor Gubernur Sulteng di Palu, Senin.



Menurut Hidayat, qori dan qoriah berprestasi dapat lahir jika LPTQ Sulteng menyusun dan menetapkan program-program kerja yang efektif dan didukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas serta memumpuni.



"Tentunya torehan tersebut ingin kembali dirasakan oleh masyarakat guna mengharumkan nama Sulteng di pentas nasional bahkan internasional, olehnya kerja sama dan kekompakan pengurus baru LPTQ Sultenglah yang sangat menentukan," ucapnya.



Ia berharap rakerda tersebut dapat memberi arti dan dampak positif bagi perkembangan LPTQ Sulteng ke depan agar dapat memberikan dedikas bagi kemajuan dan perkembangan LPTQ sebagai wadah yang mendapat amanah untuk membina umat dalam mengembangkan seni baca dan tulis Alquran yang dimiliki.



Di depan peserta rakerda yang merupakan perwakilan dari LPTQ Sulteng, LPTQ kabupaten/kota, kantor kementerian agama (kemenag) kabupaten, kota dan provinsi, Hidayat menyatakan jika Pemprov Sulteng telah memberikan perhatian khusus pada lembaga maupun organisasi keagamaan di Sulteng.



Itu dapat dilihat melalui kebijakan anggaran yang direalisasikan melalui program-program yang berkaitan langsung dengan keagamaan



"Antara lain pembinaan keagamaan baik di tingkat nasional, regional, provinsi sampai pada tatanan pedesaan, termasuk bantuan pembinaan rumah-rumah ibadah pada semua kelompok agama yang berada di Sulteng,"terangnya.