Wagub: Pembinaan lansia di Sulteng sangat penting

id Pasigala ,Sulteng ,Pemprov Sulteng,Sandi ,Antara,Palu

Wagub: Pembinaan lansia di Sulteng sangat penting

Wagub Sulteng, Rusli Baco Dg Palabbi (ke dua dari kanan) memberikan arahan dan sambutan dalam raker Komda Lansia Sulteng di salah satu hotel di Kota Palu , Kamis (5/3). (Foto : ANTARA/Ramadan).

Palu (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Wagub Sulteng), Rusli Baco Dg Palabbi menyatakan pembinaan terhadap seluruh lanjut usia (lansia) di Sulteng sangat penting, baik bagi daerah terutama bagi para lansia di hari tuanya.



"Pembinaan lansia merupakan bagian penting dari proses pembangunan bangsa tanpa harus ditinggalkan dan dikesampingkan. Hak-hak mereka harus dihargai dan dijunjung tinggi," katanya saat memberikan arahan dan membuka rapat kerja Komisi Daerah Lanjut Usia Sulteng di Palu, Kamis.



Hak-hak tersebut, lanjutnya seperti berpartisipasi dalam kegiatan apapun, mengemukakan pendapat dan mengambil bagian dalam berbagai upaya pemenuhan dan perlindungan sosial lansia.



Upaya Pemprov Sulteng itu, tambah Rusli yang juga Ketua Komda Lansia Sulteng itu sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia.



"Sebab upaya meningkatkan kesejahteraan lansia merupakan usaha mulia karena setiap orang pada dasarnya akan menjadi lansia," ujarnya.



Menurutnya perlakuan terhadap para lansia itu mencerminkan nilai-nilai keagamaan dan budaya bangsa Indonesia, yaitu menghormati dan menghargai peran dan kedudukan lansia.



"Amanat UU 13 tahun 1998 telah mengatur peran dan kedudukan lansia, olehnya saya berharap agar lintas sektor di OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkup Pemprov Sulteng yang berkaitan dengan program pemberdayaan lansia tetap ditingkatkan," jelasnya.