Pemprov ajak investor Singapore berinvestasi di Sulteng

id Pempeov Sulteng,Gubernur Sulteng,M Ridha Saleh,Investor Singapore,Kunker Gubernur ke Singapore

Pemprov  ajak investor Singapore berinvestasi di Sulteng

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura bersama tenaga ahlinya foto bersama para investor yang tergabung dalam perusahaan Nazar Holdings Private Limited, di Singapore, Kamis (7/7/2022) (ANTARA/HO-Dok Ridha Saleh)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) mengajak investor asal Singapore untuk berinvestasi di wilayah Sulteng, dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi dan fiskal daerah.

Tenaga Ahli Gubernur Sulteng M Ridha Saleh, dihubungi dari Palu, Jumat, mengatakan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura telah bertemu investor yang tergabung dalam perusahaan bersama Nazar Holdings Private Limited.

"Iya, sudah bertemu. Pertemuan itu berlangsung pada hari Kamis siang di Singapore," kata Ridha Saleh.

Ridha Saleh menjelaskan, Gubernur Sulteng menawarkan kepada investor yang tergabung dalam perusahaan itu untuk berinvestasi pada tiga sektor meliputi sektor pertanian, pertambangan dan perbankan.

Ia menguraikan, pada sektor pertanian, investor dalam perusahaan itu ditawarkan untuk mengembangkan kawasan pangan yang terletak di Donggala.

Pengembangan kawasan pangan dilakukan dengan skema partisipatif masyarakat, serta pembentukan koperasi pertanian milik masyarakat.

"Jadi, perusahaan ini nantinya turut mengembangkan koperasi pertanian masyarakat " sebutnya.

Kemudian, kata dia, dalam pertemuan itu, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura turut serta mengajak investor tersebut berinvestasi pada sektor pertambangan.

Perusahaan itu bersama masyarakat akan mengelola potensi pertambangan di wilayah Sulteng yang telah ditetapkan sebagai wilayah pertambangan rakyat.

"Jadi, perusahaan ini akan memberikan pendampingan peningkatan kapasitas dalam menambang, dan menyiapkan pasar untuk penambang," ujarnya.

Terakhir, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura turut serta mendorong investor pada perusahaan itu agar berinvestasi pada perbankan.

Bank Pembangunan Daerah atau Bank Sulteng, kata dia, akan menjadi sasaran investasi perusahaan tersebut, sekaligus sebagai penguatan terhadap bank daerah untuk mendongkrak percepatan pembangunan ekonomi dan fiskal daerah.
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura bersama tenaga ahlinya foto bersama para investor yang tergabung dalam perusahaan Nazar Holdings Private Limited, di Singapore, Kamis (7/7/2022) (ANTARA/HO-Dok Ridha Saleh)