Polisi kerahkan sebanyak 1.898 personel gabungan amankan Bulan Bung Karno

id bulan bung karno

Polisi kerahkan sebanyak 1.898 personel gabungan amankan Bulan Bung Karno

Sejumlah petugas melakukan penjagaan pada agenda Bulan Bung Karno di pintu masuk di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (24/6/2023). ANTARA/Ilham Kausar

Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya mengerahkan 1.898 personel gabungan untuk mengamankan acara Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu.

"Sudah disiapkan personel pengamanan gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, Damkar dan Dinkes sebanyak 1.898 personel, " kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Sementara itu Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengerahkan 620 personel untuk mengatur lalu lintas di sekitar SUGBK dalam acara tersebut.
"Sekitar 620 personel sekitar GBK. Itu dari Ditlantas saja untuk kegiatan ini," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dihubungi secara terpisah. 

Latif juga menjelaskan pengaturan sampai penjagaan parkir sangat diantisipasi mengingat jumlah peserta yang hadir sekitar 70 ribuan orang.
"Untuk pengaturan penjagaan sampai dengan pengaturan parkir perlu sangat kami antisipasi," tambahnya. 
 
Latif juga mengimbau masyarakat yang tidak berkepentingan bisa menghindari lalu lintas di sekitar SUGBK.
"Diharapkan masyarakat yang tidak berkepentingan bisa menghindar dari GBK, jalur Sudirman-Thamrin," tambah dia.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas saat berlangsung kegiatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di SUGBK, Jakarta, Sabtu ini. 
"Kalau rekayasa kita sangat situasional, pengaturan penjagaan yang kita maksimalkan, " kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dihubungi di Jakarta, Jumat.
Latif menjelaskan, diperkirakan ada sekitar 2.000 bus yang menuju GBK khususnya masa dari daerah.