Pentingnya berikan perhatian pada kesehatan fisik dan mental anak

id Kesehatan mental anak,Kesehatan fisik,Interaksi terhadap anak

Pentingnya berikan perhatian pada kesehatan fisik dan mental anak

Dokter Spesialis Anak, dr. Kanya Ayu, Sp.A, (tengah) saat memberi paparan dalam gelar wicara merayakan Hari Anak Nasional yang diadakan oleh Kalbe Farma di Kuningan City, Jakarta, Minggu (23/7/2023) (ANTARA/Fathur Rochman)

Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Anak dr. Kanya Ayu, Sp.A menekankan pentingnya perhatian orang tua terhadap kesehatan fisik dan mental anak. Dia menilai kedua aspek ini memiliki keterkaitan yang erat dan harus diutamakan secara bersamaan.

Terkait kesehatan mental anak, dr. Kanya mencontohkan tentang pentingnya tidak memberikan tekanan saat anak makan. Menurut dia, kegiatan makan anak harus menyenangkan dan tidak dipaksa.

Jika anak merasa tertekan dan terpaksa, hal ini dapat menyebabkan stres pada anak dan berdampak buruk pada kesehatan mentalnya.



"Saat proses makan saja deh, paling gampang contohnya. Makanya kenapa ada feeding rules, makan jangan di-pressure, jangan dipaksa, jangan dicekokin. Kalau dia merasa tiap kali aduh sudah jamnya makan nih, aduh duduk di kursi itu lagi. Kalau enggak habis nanti dimarahi Mama," ujar dr. Kanya di Jakarta, Minggu.

"Begitu dia sudah mental breakdown, dia mau duduk di kursi itu saja enggak mau karena sudah takut duluan. Lalu bagaimana caranya dia mau makan? Kalau dia enggak mau makan bagaimana caranya dia dapat nutrisi yang baik?" Sambung dia.

dr. Kanya menyebutkan terdapat tiga hal penting yang harus dilakukan orang tua dalam setiap interaksi dengan anak, yaitu asah, asih, dan asuh.

Asah berkaitan dengan memberikan stimulasi sejak dalam kandungan, asih berarti memberikan kasih sayang dan koneksi batin, serta asuh yang mencakup pemberian makan yang benar, jam tidur yang teratur, serta fasilitas yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Jadi setiap kita melakukan apa pun, interaksi apa pun ke anak kita, tiga hal itu harus masuk. Asah, asih, dan asuhnya harus bersamaan dilakukan," ucapnya.

Sementara itu, dalam memperhatikan aspek fisik anak, dr. Kanya menekankan pentingnya memberikan nutrisi yang baik dengan kandungan makro dan mikro protein yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

"Dia harus dapat nutrisi yang baik, pastikan betul nutrisinya dia baik, pastikan nutrisi yang masuk ada makro-mikro proteinnya yang penting buat otak juga. Nah, fisiknya dia oke, dia bisa bergerak segala macam, mentalnya juga naik," kata dia.