OJK Sulteng tingkatkan inklusi keuangan di Banggai

id OJk Sulteng,Inklusi keuangan ,Kabupaten Banggai ,Sulawesi Tengah

OJK Sulteng tingkatkan inklusi keuangan di Banggai

Kepala OJK Sulteng Triyono Raharjo. ANTARA/Nur Amalia Amir

Palu, Sulteng (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah meningkatkan inklusi keuangan masyarakat di Kabupaten Banggai dengan menggelar puncak Bulan Inklusi Keuangan 2023.

"Kami mendorong percepatan inklusi keuangan masyarakat guna mendukung prioritas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan mendorong pembangunan nasional dengan menggelar puncak Bulan Inklusi Keuangan 2023 di Kabupaten Banggai," kata Kepala OJK Sulteng Triyono Raharjo di Palu, Sulteng, Jumat.
 
Ia mengatakan puncak Bulan Inklusi Keuangan 2023 di Kabupaten Banggai mengusung tema "Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera".

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Teluk Lalong pada 28-29 Oktober 2023 tersebut dilaksanakan OJK Sulteng bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Banggai dan lembaga jasa keuangan di Sulawesi Tengah.
 
Ia menjelaskan bahwa Bulan Inklusi Keuangan merupakan agenda nasional yang dilakukan secara berkesinambungan pada Oktober setiap tahunnya.
 
Menurut dia, dalam ajang tersebut terdapat beragam rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mendorong inklusi keuangan masyarakat.
 
"Selain Expo dari lembaga jasa keuangan, ada juga beberapa kegiatan seperti pembukaan rekening saham oleh seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Banggai, dan pembukaan rekening simpanan pelajar," katanya.
 
Selain itu, kata dia, terdapat juga penyerahan penghargaan bagi pelajar dengan intensitas menabung tertinggi, serta kegiatan edukasi dan entertainment untuk segenap lapisan masyarakat.
 
Triyono mengatakan dengan adanya peran serta kolaborasi dari seluruh pemangku kepentingan diharapkan mampu menggerakkan roda pembangunan serta mengembangkan keuangan inklusif di desa secara masif guna meningkatkan perekonomian masyarakat.