Rusady Mastura minta KI terus kawal keterbukaan informasi publik

id Gubernur Sulteng ,Rusdy Mastura ,Komisi Informasi Provinsi Sulteng ,Keterbukaan informasi publik ,Sulawesi Tengah

Rusady Mastura minta KI terus kawal keterbukaan informasi publik

Ketua KI Provinsi Sulteng Abbas A.Rahim menyerahkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) kinerja KI tahun 2023 kepada Gubernur Sulteng Rusdy Mastura di Kantor Gubernur Sulteng, Palu, Kamis (11/1/2024). (ANTARA/HO-Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura meminta Komisi Informasi (KI) provinsi setempat untuk terus mengawal keterbukaan informasi publik oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup provinsi itu.
 
"Komisi Informasi agar terus mendorong dan memonitor kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang ada di lingkup OPD Provinsi Sulteng," kata Rusdy Mastura saat menerima kunjungan Komisi Informasi Provinsi Sulteng di Palu, Kamis.
 
Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Komisi Informasi yang telah bekerja keras dalam mengawal keterbukaan informasi publik dan menyelesaikan sengketa informasi yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.

Untuk itu, dia meminta kepada jajaran Komisi Informasi agar terus mengawal keterbukaan informasi publik di lingkup OPD Provinsi Sulteng.
 
Menurut Mastura, keterbukaan informasi publik sangat penting untuk memberikan akses yang mudah bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang diperlukan.
 
Gubernur berharap indeks keterbukaan informasi publik Provinsi Sulteng dapat semakin naik pada tahun 2024.
 
Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulteng Abbas A.Rahim mengatakan indeks keterbukaan informasi publik Provinsi Sulawesi Tengah meraih 11 besar secara nasional pada tahun 2023.
 
Ia menyampaikan pihaknya telah melakukan monitoring dan visitasi ke setiap OPD di lingkup Provinsi Sulteng dan kabupaten/kota.
 
"Alhamdulillah, hasilnya informasi publik sudah terbuka. Hal ini ditandai bahwa semuanya sudah ada SK PPID sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi," katanya.
 
Dalam kesempatan itu, jajaran Komisi Informasi Sulteng turut menyerahkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) kinerja KI tahun 2023.*