IAIN Palu dorong doktor ke Guru Besar

id Iain,Saggaf

IAIN  Palu dorong doktor ke Guru Besar

Arsip:Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd melantik sembilan pejabat di lingkungan perguruan tinggi Islam negeri tersebut, Rabu (10/1). (Muhammad Hajiji/antarasulteng.com)

Palu,  (Antarantara Sulteng) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, mengupayakan seluruh tenaga pengajar yang bergelar doktor didorong hingga memenuhi syarat menjadi guru besar atau profesor

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf S Pettalongi,MPd di Palu, Kamis mengemukakan salah satu indikator pencapaian mutu tidak hanya terpenuhinya tenaga pendidik dengan standar pendidikan strata tiga, melainkan tenaga pendidik strata tiga bisa mencapai gelar akademik tertinggi sebagai guru besar.

"Guru besar adalah simbol mutu dan sebuah perguruan tinggi. Saya tidak pernah melihat kalau seorang mencapai guru besar adalah prestasi perseorangan. Justru saya melihat ini adalah prestasi lembaga," ucapnya.

AIN Palu akan memberi kebijakan dan akselerasi kepada seluruh dosen bergelar doktor khususnya yang berpangkat lektor kepala untuk menjadi guru besar.

Ia menyadari bahwa untuk mencapai hal itu tentu tidak mudah. Karena, salah satu yang harus dipenuhi yaitu karya ilmiah sebagai akademisi harus ditingkatkan.

"Jadi, karya - karya para dosen harus lebih dimaksimalkan," kata Prof Saggaf.

Karena itu, ia meminta Pascasarana IAIN Palu yang dipimpin Prof Dr Syahabuddin MAg dapat menggenjot dan mensinergikan pascasarjana dengan riset - riset yang dilakukan oleh para dosen bergelar.

"Sehingga bisa menjadi icon bagi IAIN Palu kedepan," sebut Saggaf.

Pakar managemen pendidikan ini juga mengatakan bahwa IAIN Palu juga berupaya untuk mencegah krisis pejabat. Dikarenakan minimnya dosen yang berpangkat lektor kepala senior golongan IVC.

"Dalam hitungan saya dosen berpangkat lektor kepala senior pangkat IVC kemungkingan hanya berjumlah 5 orang, dalam hitungan saya. IVb, IVa, IIId dan c kebawah. Ini sangat berpengaruh dalam perekrutan pejabat," ujarnya.

Dirinya meminta kepada Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Abidin untuk ditanggulangi secara cepat, agar migrasi dosen untuk hal itu terjadi secara berkesinambungan.

"Bila perlu buat tim, kita godok bersama. Saya sudah berkoordinasi dengan bagian perencanaan agar menganggarkan hal ini," urainya.

Data Bagian Orpek dan Peny Peraturan Bagian Umum dan Kepegawaian IAIN Palu menyebutkan jumlah dosen bergelar strata tiga sebanyak 51 orang, strata dua 102 total dosen 153.