Polri: Tertib lalulintas di Parigi Moutong baik

id Parimo,lalulintas,polri

Polri: Tertib lalulintas di Parigi Moutong baik

Tim Ditlantas Mabes Polri melakukan pemantauan di kawasan tertib lalulintas di Kota Parigi, Senin (9/4) (Antaranews Sulteng/Moh.Ridwan)

Parigi (Antaranews Sulteng) - Tim Analisa Evaluasi Korps lalu lintas (Korlantas) Mabes Polri menilai kawasan tertib lalu lintas di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, cukup baik dan memenuhi syarat dalam penerapannya.
 
Ketua tim analisa evaluasi Kasubdit Kemanan dan Keselamatan Lalulintas Mabes Polri AKBP Subagyo di Parigi, Senin mengatakan, kunjungan timnya itu sebagai bentuk penilaian kawasan tertib berlalulintas di Provinsi Sulawesi Tengah, salah satunya di Parigi Moutong.
 
"Kawasan tertib lalulintas itu adalah bagaimana kita menumbuhkan kesadara etika budaya tertib berlalulintas kepada masyarakat sebagai upaya untuk mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya," katanya.

Ia menjelaskan penilain kawasan tertib lalu lintas ini dilihat dari berbagai aspek, di antaranya infrastruktur pelengkap sperti median jalan, rambu-rambu lalulintas dan komponen lainnya termasuk pos penjagaan.

Pada penilaian itu, paparnya, dilakukan lintas ektoral di antaranya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan dan Polri sendiri.
    
"Jadi untuk infrastruktur ditangani langsung Kementerian PUPR, kemudian rambu-rambu lalulintas ditangani Kemenhub, sementara Polri mengenai sisi penegak hukumnya," ujar Subagyo.

Parigi Moutong, katanya, dari sisi infrastruktur dan rambu-rambu telah memenuhi syarat, hanya saja perlu penambahan penerangan jalan umum khusus kawasan tertib lalulintas di kawasan alun-alun Kota Parigi yang berhadapan langsung dengan Kantor Bupati Parigi Moutong.
   
"Di kawasan ini perlu diperbanyak penerangan jalan umum agar masyarakat saat beraktivitas pada malam hari tidak merasa takut hal ini menyangkut keamanan berkendara," tambahnya.

Selain Parigi Moutong, paparnya, penilaian kawasan tertib lalulintas juga dilakukan di Kabupaten Donggala dan Kota Palu.