Kemenag Sulteng : Pesantren jadi benteng pembinaan generasi muda

id Kanwil Kemenag Sulteng,Kemenag,Santri,Ponpes

Kemenag Sulteng : Pesantren jadi benteng pembinaan generasi muda

Peringatan Hari Santri Nasional dirangkaikan dengan zikir dan tabligh akbar, digelar oleh Kanwil Kemenag Sulteng, di Palu, Ahad. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Ini tidak dapat dipungkiri, alumni pondok pesantren telah memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan nasional
Palu (ANTARA) - Kepala Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Tengah Rusman Langke menyatakan pesantren menjadi benteng yang sangat diharapkan dalam rangka membina generasi muda, sekaligus menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI.

"Ini tidak dapat dipungkiri, alumni pondok pesantren telah memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan nasional,” ucap Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Rusman Langke, di Palu, Minggu.

Pernyataan itu disampaikan Rusman Langke saat menyampaikan sambutan pada peringatan hari santri nasional yang dirangkaikan dengan zikir dan tabligh akbar, berlangsung di halaman Kanwil Kemenag Sulteng. Ahad (03/11).

Rusman mengatakan, pesanten dan para santri telah berkontribusi dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia dan dalam mengisi kemerdekaan.

Atas hal itu, pemerintah memberikan penghargaan dan apresiasi besar pada eksistensi pondok pesantren, melalui Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pondok Pesantren.

Bahkan, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN).

“Karena itu, hari ini kita memperingati hari santri nasional itu, sebagai upaya mendukung ponpes dan para kiai-nya untuk tidak henti- hentinya memberikan kontribusi pada pembinaan generasi muda bangsa ini dalam mengisi kemerdekaan," ujar dia.

Rusman Langke mengemukakan bahwa, semangat keagamaan yang dikembangkan di Indonesia saat ini, berasal dari intisari semangat keagamaan yang dikembangkan oleh para kiai di ponpes.

Dimana di pondok pesantren, para kiai dan santri mengembangkan Islam rahmatan lilalamin, Islam washatiyah, Islam moderat, toleran, tawashut dan tawazun, yang kemudian di kemas dalam slogan moderasi beragama.

Peringatan hari santri nasional juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah untuk para pemenang kegiatan pekan olahraga dan seni antarmadrasah diniyah tingkat nasional IV.

Baca juga: Muhaimin Santri dan pesantren bagian penting pembangunan nasional