Ribuan Pintu Mauk Selundupkan Narkoba

id narkoba, selundup

Ribuan Pintu Mauk Selundupkan Narkoba

(FOTO ANTARA/Nwa Kanu)

Pekanbaru (antarasulteng.com) - Badan Narkotika Nasional (BNN) RI menyatakan ada ribuan pintu masuk penyeludupan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) ke Indonesia tersebar di sejumlah wilayah perbatasan termasuk Provinsi Riau.

"Sebagian besar di antaranya merupakan pintu masuk berupa pelabuhan `tikus` dan jalur darat ilegal seperti di Kalimantan dan Provinsi Kepulauan Riau serta Provinsi Riau," kata Direktur Diseminasi BNN RI, Gun Gun Siswandi, kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan hal itu seusai menjadi pembicara seminar terbuka di Universitas Riau di Pekanbaru bertema "Mahasiswa dan Bahaya Narkotika".

Ribuan pintu masuk tersebut tidak sepenuhnya diawasi oleh petugas negara sehingga masih sangat rentan terhadap penyeludupan narkoba dari berbagai negara tetangga.

Khususnya di Kalimantan, demikian Gun Gun, pendistribusian narkoba secara ilegal dapat dilakukan dengan hanya melewati batas negara di jalur darat.

Sementara di Riau, kata dia, penyeludupan narkoba yang dilakukan oleh sindikat internasional, dicurigai didistribusikan lewat pelabuhan-pelabuhan `tikus`.

"Bahkan dalam upayanya itu, sindikat biasanya membungkus paket narkoba dalam bentuk yang mudah untuk mengelabuhi petugas pemeriksaan," katanya.