Seorang Perwira Polri Aktif Mendaftar Bacabup Poso

id polisi

Seorang Perwira Polri Aktif Mendaftar Bacabup Poso

Ilustrasi (antaranews)

Kami tidak bergerak jika tidak ada dukungan peluang dari pimpinan
Palu,  (antarasulteng.com) - Seorang perwira Polri aktif Kompol Teddy Salawati mendaftarkan diri menjadi bakal calon bupati Poso 2015-2020 melalui Pokja Pilkada DPD Partai Demokrat, Sabtu malam.

Teddy mendaftar didampingi Wakil Bupati Tojo Unauna, Jamal Juraejo, yang sebelumnya juga sudah mendaftarkan diri menjadi bakal calon bupati Tojo Unauna.

Teddy saat ini menjabat Kasubag Perencanaan Dan Anggaran Biro Perencanaan Polda Sulteng. Sebelumnya ia menjabat salah seorang penyidik tindak pidana korupsi di Polda Sulteng.

Dia mengatakan dirinya mendaftar karena sebelumnya sudah menyampaikan niatnya tersebut kepada mantan Kapolri Jenderal Pol Sutarman dalam satu kesempatan dialog.

"Kami tidak bergerak jika tidak ada dukungan peluang dari pimpinan," katanya.

Teddy mengatakan dirinya akan melepas keanggotaan Polri jika sudah ditetapkan menjadi calon bupati Poso meski usia pensiunnya masih tujuh tahun lagi.

Ia mengaku terpanggil mencalonkan diri menjadi bupati Poso karena keterpanggilan hati nurani bahwa Poso perlu penanganan serius.

"Bukan karena Poso sekarang dipimpin oleh mantan anggota Polri lalu ke depan harus anggota Polri lagi. Tidak seperti itu," katanya.

Dia mengatakan sebagai anggota Polri dirinya berkomitmen untuk meningkatkan stabilitas Poso dari berbagai problem, baik dari aspek keamanan maupun kesejahteraan masyarakatnya.

Dia mengatakan dari kacamata ketertiban dan keamanan masyarakat Poso masih sering terjadi letupan gangguan keamanan namun hanya pada titik tertentu saja.

Menurut Teddy, sejak Poso dipimpin Bupati Piet Inkriwang, seorang mantan anggota Polri, Kamtibmas di Poso lebih baik pascakonflik 1998 dan 2000.

Hal inilah, katanya, yang perlu ditingkatkan di masa depan karena problem di Poso cukup banyak termasuk penegakan hukum.(skd)