IPC jajaki kerja sama pengelolaan pelabuhan dengan Port of Rotterdam Belanda

id Menhub Budi Karya, Pelabuhan Indonesia, Cora Van Nieuwenhuizen, Belanda, IPC, Arif Suhartono,Port of Rotterdam,Belanda

IPC jajaki kerja sama pengelolaan pelabuhan dengan Port of Rotterdam Belanda

Direktur Port Rotterdam International Rene Van Der Plas (kanan), Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Belanda, Cora Van Nieuwenhuizen (tengah) dan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Arif Suhartono (kiri) usai menandatangani kesepakatan kerja sama bidang pengembangan logistik maritim dan infrastruktur di Kantor PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), Tanjung Priok, DKI Jakarta, Rabu (11/3/2020). (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Salah satu fokus kerja sama ini adalah pengembangan Pelabuhan Internasional Kijing di Mempawah, Kalimantan Barat
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) menjajaki kerja sama pengelolaan pelabuhan dengan Port of Rotterdam Belanda.

Penandatangan kesepakatan kerja sama itu dilakukan Direktur Utama IPC Arif Suhartono dan Direktur Port Rotterdam International Rene Van Der Plas, disaksikan Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Belanda, Cora Van Nieuwenhuizen di Kantor PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), Tanjung Priok, DKI Jakarta, Rabu.

Kerja sama itu meliputi bidang pengembangan logistik maritim dan infrastruktur selama tiga tahun ke depan. Kedua belah pihak menyusun program pengembangan dan manajemen pelabuhan, digitalisasi pelabuhan serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

“Salah satu fokus kerja sama ini adalah pengembangan Pelabuhan Internasional Kijing di Mempawah, Kalimantan Barat," kata Arif.

Arif menjelaskan, Port of Rotterdam akan berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk pengembangan Terminal Kijing sebagai salah satu dari tujuh pelabuhan hub di Indonesia.

IPC akan terus mengembangkan kerja sama dengan pelabuhan-pelabuhan besar dunia untuk memperluas jejaring di kancah global.
“Dengan adanya kerja sama ini tentu ada transfer pengetahuan dan teknologi yang akan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Belanda Cora Van Nieuwenhuizen melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi guna membahas peningkatan kerja sama antara kedua negara.
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar