Omzet Fetival Langkisau Capai Rp1,3 Miliar

id Omzet Fetival Langkisau Capai Rp1,3 Miliar

Omzet tahun ini meningkat dari Festival Langkisau tahun lalu (2011) yang hanya Rp600 juta.
Sumbar - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, memperkirakan omzet dari seluruh usaha perekonomian masyarakat selama pelaksanaan Festival Langkisau X/2012 di kabupaten itu mencapai Rp1,3 miliar.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Kesenian Kebudayaan dan Pariwisata (Disporasenbudpar) Pesisir Selatan, Iqbal Rama Dipayana di Painan, Selasa, mengatakan, usaha perekonomian itu mulai pedagang kaki lima di berbagai stan bazar dan pameran hingga sewa kamar hotel yang ada sekitar lokasi pelaksanaan festival di Painan (pusat kabupaten).

Omzet tahun ini meningkat dari Festival Langkisau tahun lalu (2011) yang hanya Rp600 juta.

Dari tujuh hari itu, para pelaku usaha pada festival hanya aktif bertransaksi selama lima hari karena kondisi cuaca kurang baik (hujan) selama dua hari.  
    
Menurut dia, datangnya hujan beserta angin kencang selama dua hari pelaksanaan Festival Langkisau telah menghambat lajunya aktifitas pelaku usaha di festival itu.

         
Festival Langkisau X/2012 berlangsung selama tujuh hari, secara umum telah ditutup 11 Juni 2012 oleh Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit di Gor Zaini Zen Painan.

Pada pelaksanaan dua "event" tersebut, pemerintah kabupaten setempat memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pelaku usaha dalam maupun luar daerah sehingga roda perekonomian akan terjadi perputaran semakin cepat.(KR-AGP)