Kemenkumham Sulteng luncurkan program baru melayani masyarakat

id Kemenkum, ham, program

Kemenkumham Sulteng  luncurkan program baru melayani masyarakat

Lilik Sujandi, Kepala Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah, saat peluncurkan Maleo Silakum Inspairing, program inovasi sistem informasi layanan hukum bagi masyarakat Sulawesi Tengah, di Palu, Jumat (5/6/2020).(ANTARA/Sulapto Sali)

Palu (ANTARA) - Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah, meluncurkan program baru yang diberi nama ‘Maleo Silakum Inspairing’ program inovasi sistem informasi layanan hukum bagi masyarakat setempat.

“Ini adalah inovasi kepada masyarakat di dalam layanan hukum kami, dimana terkait dengan aspek persebaran tata kelola layanan termasuk syarat-syarat dan sebagainya yang banyak belum diketahui oleh masyarakat,” kata Lilik Sujandi, Kepala Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah, di Palu, Jumat.

Ia mengatakan, layanan tersebut bisa diakses oleh masyarakat melalui perangkat operator Telkomsel melalui kode *368*8# dengan tarif Rp 1000 per akses.

“Walaupun sudah ada media pelayanan melalui website, akan tetapi di wilayah Sulawesi Tengah masih membutuhkan pelayanan media yang cepat dan gampang kepada masyarakat,” ujarnya.

Tujuannya kata Lilik, supaya layanan hukum, mulai dari layanan pembentukan produk hukum peraturan daerah, tata sarana, tata cara dan sebagainya bisa diketahui masyarakat luas.

“Kemudian layanan penyuluhan dan juga layanan hukum sendiri, misalnya terkait dengan kekayaan intelektual, kewarganegaraan, fidusia yang semua sudah berbasis digitalisasi online,” ujarnya.

Sehingga sebutnya, persyaratan-persyaratan dan informasi terkait dengan layanan itu perlu diketahui oleh masyarakat secara luas.

“Bagaimanapun layanan hukum ini bagian dari pergerakan ekonomi dan sosial politik dari masyarakat di Sulawesi Tengah,” ujarnya.

“Pada kesempatan ini kami luncurkan satu pemediaan pesebaran tentang layanan hukum kami melalui perangkat operator Telkomsel yang dapat diakses oleh masyarakat melalui kode *368*8# tarif Rp 1000 per akses,” katanya.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar